Baznas Klaim Salurkan Dana Pendidikan Rp 18 Milyar Untuk 24.000 Mustahik

JAKARTA,  KANALINDONESIA.COM:Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengklaim sudah menyalurkan dana pendidikan sebesar Rp 18.723.153.000 untuk lebih 24.000 Mustahik yang terdiri dari 21.181 penerima manfaat langsung dan 3.051 penerima manfaat tidak langsung.

“Pendidikan merupakan prioritas kedua setelah sektor ekonomi untuk pengentasan kemiskinan,” ujar Direktur Pendistribusian  Baznas Mohd. Nasir Tajang dalam talkshow bertema Zakat untuk Pengembangan Pendidikan Indonesia di Islamic Book Fair (IBF), JCC Senayan, Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Ia menjelaskan, dana pendidikan tersebut disalurkan melalui program-program pendidikan yakni Sekolah Cendekia Baznas yang setiap tahun menerima puluhan siswa dhuafa, sekolah tahfidz, beasiswa dan bantuan biaya pendidikan melalui Lembaga Beasiswa Baznas (LBB).

Dana pendidikan juga disalurkan melalui pelatihan guru dan bantuan kafalah, bantuan sarana-prasarana sekolah, program bantuan pendidikan untuk daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T), program literasi dan Ikatan Alumni Beasiswa Baznas.

Baznas saat ini memiliki dua lembaga program, yaitu Sekolah Cendekia Baznas yang berdiri tahun 2016 dan Lembaga Beasiswa BAZNAS (LBB) yang terbentuk 2018.

“Fokus kami di bidang pendidikan adalah meningkatkan kualitas edukasi melalui sekolah percontohan, peningkatan kapasitas pendidik dan mutu sarana prasarana pendidikan, serta meningkatkan angka partisipasi sekolah melalui beasiswa dan membantu meningkatkan kapasitas skill mustahik,” jelas Nasir.

Sementara itu, Kepala Lembaga Beasiswa Baznas (LBB) Sri Nurhidayah mengungkapkan bahwa Baznas pernah memiliki program beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 115 orang dan program Kaderisasi Seribu Ulama (KSU) sebanyak 248 orang.

‘Sekolah Cendekia Baznas merupakan sarana pendidikan gratis berasrama bagi yatim dan dhuafa dengan penerima manfaat langsung sebanyak 98 orang dan penerima manfaat tidak langsung sebanyak 1.078 orang,” ungkap Sri. @Rudi