Kasat Lantas Polres Trenggalek, AKP Ricky Tri Darma: Ops Patuh Semeru 2018 Satlantas Trenggalek Kedepankan Penindakan

Exif_JPEG_420

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Mengawali pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2018 yang akan berlangsung pada Kamis 26 April – 9 Mei mendatang, berbagai upaya yang telah dilakukan jajaran Satlantas Polres Trenggalek guna menekan pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas.

Selain mensosialisasikan tentang tertib berlalulintas di sekolah di Kabupaten Trenggalek dan tempat umum, petugas juga memberikan himbauan langsung maupun tidak langsung dengan membagikan stiker serta brosur Kamseltibcarlantas kepada para pengguna jalan.

“Operasi Patuh Semeru 2018 ini nantinya akan lebih mengedepankan penindakan. Jadi siapapun yang melakukan pelanggaran, kami tidak segan-segan menindak secara tegas sesuai undang-undang yang berlaku,” ucap Kasatlantas AKP Ricky Tri Dharma saat ditemui diruangannya, Senin (23/4/2018).

Dikatakan Ricky, jajaran Satlantas Polres Trenggalek akan menerapkan berbagai sistem. Selain metode razia stasioner dibeberapa titik rawan pelanggaran dan kecelakaan, juga menggiatkan tindakan preventif dan reprensif. Hal ini dilakukan untuk mengurangi angka pelanggaran serta laka lantas

“Contohnya pelanggaran yang kasat mata seperti tidak memakai helm, tidak memakai sabuk pengaman, melawan arus, berkendara dalam kondisi mabuk, masih di bawah umur, main Handphone, melebihi tonase, melebihi batas kecepatan. Itu yang akan menjadi perhatian dalam pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2018,” terangnya.

Dalam pelaksanaannya, Unit patroli Satlantas juga akan melaksanakan hunting sistem berupa patroli mobile pada kawasan tertib lalulintas (KTL). Selain itu, juga kawasan pusat kegiatan masyarakat seperti pasar, pertokoan, Kantor Pemerintah, terminal MPU dan penertiban parkir di trotoar.

“ Tindakan tegas berupa tilang ini dilakukan guna memberikan efek jera terhadap pengguna jalan, agar mereka selalu mentaati peraturan lalu lintas yang ada,” tegasnya.

Masih terang Ricky, sebelum pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2018 berlangsung, jajaran Satlantas Polres Trenggalek telah memberikan himbauan baik melalui medsos, brosur dan pemasangan banner atau spanduk tentang tata tertib berlalulintas di beberapa titik strategis di wilayah Kabupaten Trenggalek.

“Kami akan menerjunkan Tim khusus yang fokus untuk menertibkan terkait pelanggaran. Dengan demikian diharapkan angka pelanggaran dan kecelakaan dapat benar-benar ditekan seminim mungkin sehingga tujuan Operasi Patuh Semeru 2018 terwujudkan,” pungkasnya. (sup/mil)