Akibat Jaringan UNBK Dari Puspendik Offline, Ribuan Siswa SMP di Bangkalan Panik

BANGKALAN, KANALINDONESIA.COM – Akibat jaringan internet Ujian Nasional Betbasis Komputer (UNBK) dari Pusat Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan RI offline (mati atau belum tersambung). Ribuan siswa SMP dan MTs dikota Bangkalan panik. Karena hari ini mwrupakan hari pertama pelaksanaan UNBK berupa mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Menurut penjelasan Kepala UPTD SMP 2 Bangkalan, Edy Haryadi. Sedianya UNBK pada hari pertama ini akan dimulai pukul 7.30 pagi. Namun hingga pukul 8.30 lebih jaringan server Puspendik masih offline. Para Pengawas Ruangan berusaha menenangjan siswa agar tidak panik.

“Para pengawas ruangan berusaha menenangkan anak-anak, agar tidak panik,” terang mantan Kepala UPTD SMP 1 Arosbaya tersebut.

Senada juga disampaikan Kepala UPTD SMPN 1 Bangkalan, Anwari Anwar. Keadaan jaringan internet UNBK sekolahnya tidak jauh beda dengan SMPN 2 Bangkalan. Tetapi kejadian ini bisa dimaklumi karena gangguan jaringan bersifat nasional.

“Gangguan jaringan UNBK bukan hanya terjadi di Kabupaten Bangkalan saja tapi di seluruh Jatim dan Nusantara. Jadi harus dimaklumi,”tuturnya.

Sementara itu, Pejabat Bupati Bangkalan,DR. i Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranuh saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMPN 2 Bangkalan, MTs Negeri Bamgkalan dan SMPN 5 Bangkalan. Meminta kepada siswa yang tengah mengikuti UNBK tenang, tidak panik dan berdo’a sebelum mengerjakan soal.

“Jangan lupa berdo’a sebelum mengerjakan soal UNBK,” pungkasnya. (yans).