Rencana Penambahan Dua Kecamatan Baru di Ponorogo Segera Terealisasi

Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Pemkab Ponorogo bersiap akan melakukan pemekaran wilayah dengan menambahkan dua kecamatan baru.

Dua kecamatan baru tersebut,  yaitu Kecamatan Kota lama dan satu lagi masih dalam usulan nama.

“Sebenarnya tiga kecamatan, namun hanya dua yang sudah siap, yaitu Kecamatan Kota Lama dan satu lagi ada yang mengusulkan untuk nama Kecamatan Joyo,”ucap Bupati Ponorogo, Ipong Mukhlisoni.

Disebutkan Bupati Ipong, jika saat ini pihaknya sudah melakukan inventarisasi data tentang jumlah penduduk, jumlah desa dan kelurahan yang akan dipisahkan.

Untuk Kecamatan Kota Lama, nantinya akan diambilkan sejumlah desa dan kelurahan yang berada di Kecamatan Ponorogo, Babadan, Siman dan Jenangan.

Sedangkan untuk kecamatan yang masih dalam usulan nama( ada yang mengusulkan Kecamatan Joyo) akan diambilkan dari sejumlah desa yang berada di Kecamatan Balong dan Slahung.

Sementara untuk Ngrayun masih terkendala dengan jumlah desa yaitu 11 dan harus dilakukan pemekaran desa terlebih dahulu.

Guna memuluskan rencana penambahan kecamatan tersebut, Ipong mengaku telah berkali- kali berkonsultasi dengan provinsi dan Depdagri.

Disebutkanya, yang membuat lama proses yaitu karena Mendagri memerintahkan agar  menggunakan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) atau Peraturan Pemerintah (PP) yang sekarang masih berlaku.

“Kemarin itu yang membuat lama Mendagri menyarankan kepada kita supaya menunggu disyahkanya RPP tentang itu, tapi sudah setahun tidak disyahkan, terakhir dibilang yaudah pakai RPP yang lama atau PP yang sekarang masih berlaku, kan sebuah PP itu tidak berlaku jika ada PP sudah ada yang baru, sementara PP yang baru belum ada, adanya RPP,”terang Bupati Ipong.

Untuk persyaratan calon dua kecamatan tersebut, Bupati Ipong mengatakan jika semua persyaratan sudah siap.

“Semua sudah siap, tinggal proses formalnya saja,”pungkas Ipong(KI-01)