Hari Pertama Pelaksanaan UNBK Tingkat SMP/MTsN di Pamekasan Molor Hingga 1,5 Jam

suasana pelaksanaan UNBK tingkat SLP/ MTs di salah satu sekolahan yang berada di Pamekasan

PAMEKASAN, KANALINDONESIA.COM: Gangguan error maintenance server dari pusat, nampaknya cukup memberikan dampak yang signifikan, karena telah mengakibatkan molornya pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di sejumlah daerah. Seperti halnya yang terjadi di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Peristiwa maintenance server dari pusat yang mengalami gangguan error tersebut, terjadi pada jam pelaksanaan UNBK tahap pertama yang dimulai pada pukul 07.30 WIB hingga selesai.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan, Moh. Tarsun, gangguan server error yang terjadi hingga sekitar 1,5 jam lamanya itu, terpaksa membuat pelaksanaan UNBK harus dimulai pukul 09.00 WIB.

“Di hari pertama pelaksanaan UNBK tingkat SMPN/ MTsN tadi, memang sempat ada gangguan maintenance server dari pusat mengalami error, sehingga dalam pelaksanaannya tergangu hingga terhenti,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pamekasan, Moh. Tarsun, saat dihubungi via telepon seluler, Senin (23/04/2018).

Untuk mengantisipasi terjadinya kepanikan terhadap peserta UNBK, pihaknya langsung menghimbau pihak-pihak lembaga sekolah agar tetap membuat suasana tenang para siswanya. Sebab, mereka tidak akan dirugikan dengan peristiwa itu karena siswa masih diberikan kesempatan untuk menyelesaikan ujiannya. (Ifa/Nang)