Hadiri Harlah ke 72 Muslimat NU, Khofifah Ingatkan Perlu Adanya Sentra UMKM di Gang Dolli

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Cagub nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa mentangi acara doa bersama dan hari lahir (harlah) Muslimat Nahdatul Ulama (NU) yang ke 72 di Desa Banjardowo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Dalam kunjungannya tersebut, Khofifah mengingatkan bahwa pentinggnya dibentuk sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Timur, termasuk salah satunya dibentuk kawasan UMKM di gang Dolli, di Surabaya.

“Hari ini pagi tadi saya ke gang Dolli, ke gang Jarak, luas sekali itu saya jalan di sepanjang pasar, kemudian masuk di gang-gang, karena cukup banyak diantara mereka yang masih mengenali program-program yang dulu kita bangun di sana,” kata Khofifah, pada sejumlah jurnalis, Selasa (24/4/2018).

Pengutan social harus tetap dilakukan,lanjut Khofifah, dan pada saat yang sama adalah penguatan ekonomi, karena itu sentra-sentra tetap harus tumbuh.

“Kalau di situ (red: gang Dolli) satu gang itu keripik, kalau hanya beberapa rumah tangga itu gak akan surfive, satu gang lagi sandal sepatu kalau hanya satu dua home industry gak akan surfive, satu gang lagi ada makanan minuman (mamin) itu juga kalau satu dua tiga gak akan surfive, ada gang lagi yang bikin batik itu juga begitu,” ujar Khofifah.

Khofifah berharap jika memang nantinya terpilih menjadi Gubernur Jatim pada pilgub Jatim, pihaknya akan membangun kawasan sentra yang betul-betul sentra. Sekaligus membuat koperasi yang menjadi suplai permodalan, jikalau ada usaha masyarakat yang coleps.

“Jadi bayangan saya kita bisa membangun yang namanya sentra itu ya betul-betul sentra, minimal 25 rumah yang memproduksi industry serupa, dengan begitu maka ada koperasi yang memayungi mereka, jika ada yang mau coleps mereka bisa di injeksi, dikasi vitamin (red:modal),” terangnya.

Selain memiliki Koperasi yang menaungi industry rumahan, pihaknya juga berharap ada penguatan jaringan pasar, dimana nanti hasil produksi bisa langsung dipasarkan dengan cepat.

“Chanel kepada pasar juga harus disuport. Itu PR-PR yang mereka sempat sampaikan ke saya. Karena satu gang itu memungkinkan mereka disiapkan sentra industry yang spesifik,” pungkas Khofifah.

Usai menghadiri acara Doa Bersama dan Peringatan Harlah ke-72 Muslimat NU Ancab MNU Jombang Desa Banjardowo, Cagub pasangan Emil Dardak tersebut, melanjutkan perjalanan menuju ke Surabaya untuk menhadiri acara haul Sunan Ampel yang ke 569 bersama Jamaah Al Hidmah di Masjid Besar Al fattah Jalan Manukan Tama No 1 Surabaya.(elo)