Kakanwil Kemenag Jatim : MTsN di Jatim Sudah 100 % Laksanakan UNBK

Kakanwil Kemenag Jatim Syamsul Bahri saat meninjau pelaksanaan UNBK di MTsN 3 Jombang

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM:  :Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilakukan oleh pelajar Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) di Jawa Timur (Jatim), sudah mencapai seratus persen. Artinya seluruh pelajar yang menempuh pendidikan tingkat menengah di MTsN, sudah menggunakan computer dalam pelaksanaan Ujian Nasional (Unas).

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jatim, Syamsul Bahri saat meninjau pelaksanaan UNBK di MTsN 3 Jombang, pada hari ketiga, dengan materi pelajaran Bahasa Inggris.

“Alhamdulillah di lingkungan MTsN di Jatim, berlangsung dengan lancar dan baik.Sudah 100% pelaksanaan UNBK untuk MTsN dan Alhamdulillah tidak ada kendala apa-apa,” ujar Syamsul, pada sejumlah jurnalis, Rabu (25/4/2018).

Selain tidak ada kendala, lanjut Syamsul, bahwa selama ini MTs sudah up date dan selalu siap mengikuti perkembangan zaman, termasuk pelaksanaan UNBK.

“Kita dari MTsN selalu siap mengikuti perubahan-perubahan terkini, oleh karenanya tidak hanya MTs, MI pun kita sudah siap melaksanakan UNBK,” kata Syamsul.

Masih menurut Syamsul, untuk menghadapi pelaksanaan UNBK, seluruh sekolah MTs sudah mempersiapkan diri, baik secara sarana prasarana, maupun kesiapan mental peserta didiknya.

“Bapak Ibu semua bisa menyaksikan tertib pelaksanaannya, dan juga kesiapan mental anak-anak juga sangat tenang menghadapi UNBK, karena sudah disiapkan sedemikian rupa diberikan wawasan-wawasan pencerahan sejak awal bahwa ujian nasional itu harus menggunakan computer,” tegasnya.

Dalam melakukan monitoring pelaksanaan UNBK di MTsN 3 Jombang, Kakanwil Kemenag Jatim juga melepaskan sejumlah pelajar yang mengikuti olimpiade matematika di tingkat Internasional, serta tim robotic MTsN 3 Jombang, yang mengikuti perlombaan robotic tingkat Nasional di Bogor.

“MTsN yang selama ini mungkin dianggap tidak berada didunia robotik, tidak berada didunia Fisika, tidak berada di dunia Matematika, mungkin hanya membayangkan dunianya dunia fiqih, dunia tarik, dunia sejarah islam hari ini kita jawab semuanya itu dengan sejumlah raihan prestasi oleh siswa siswi di MTsN 3 Jombang, dengan sejumlah prestasi tingkat nasional bahkan tingkat Internasional,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah MTsN 3 Jombang, Moh. Syuaib mengaku bahwa pihanya bersyukur karena pelaksanaan UNBK di sekolahna tersebut bisa berjalan dengan lancar serta tidak ada kendala.

“Monitoring yang dilakukan oleh Kakanwil Kemenag Jatim Alhamdulillah berjalan baik dan lancar di sekolah MTsN 3 Jombang, kami berharap serta berdoa agar anak-anak kami bisa mendapatkan nilai terbaik di Jatim,” tukasnya.(elo)