Ops Patuh Semeru 2018, Satlantas Polres Pamekasan Akan Tindak Tegas Pelanggar Tanpa Pengecualian

Kapolres Pamekasan

PAMEKASAN_KANALINDONESIA.COM: Guna menekan pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pamekasan, Madura, Jawa Timur, dalam pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2018 yang akan berlangsung pada, kamis 26 April sampai dengan 9 Mei 2018 mendatang, berjanji akan menindak tegas para pelanggar tampa ada pengecualian.

Kasatlantas AKP Yudiyono, menuturkan, bahwa dalam pelaksanaan kiat operasi itu Jajaran Satlantas Polres akan menerapkan berbagai sistem metode razia stasioner dibeberapa titik rawan pelanggaran dan kecelakaan. Selain itu, juga menggiatkan tindakan Preentif dan preventif serta represif atau dagar tilang. Hal ini dilakukan, untuk mengurangi angka pelanggaran serta laka lantas.

“Operasi Patuh Semeru 2018 ini nanti lebih mengedepankan penindakan. Jadi siapapun yang melakukan pelanggaran, kami tidak segan-segan menindak secara tegas sesuai undang-undang yang berlaku,” kata Kasatlantas Polres Pamekasan, AKP Yudiyono, kamis (26/04).

Dalam pelaksanaannya, Unit patroli Satlantas juga akan melaksanakan hunting sistem berupa patroli mobile pada kawasan tertib lalulintas (KTL). Selain itu, juga kawasan pusat kegiatan masyarakat seperti pasar, pertokoan, kantor pemerintah, terminal MPU dan penertiban parkir di trotoar.

“Tindakan tegas berupa tilang ini untuk memberikan efek jera pada para pelanggar lalu lintas,” Tegas Yudiono.

Yudhiono menambahkan, pelanggaran yang kasat mata dan akan ditindak dalam Ops nanti, terdiri dari helm harus SNI, tidak memakai sabuk pengaman, melawan arus, berkendara dalam kondisi mabuk, masih di bawah umur, boncrngan melebhihi dari satuvorang,main Handphone, melebihi tonase, melebihi batas kecepatan. Untuk kiat operasi ini, pihaknya akan melibatkan Personil Operasi Kepolisian Patuh Semeru 2018 sebanyak 62 personil.

“Daerah Operasi Kepolisian Terpusat ”Patuh Semeru – 2018” meliputi wilayah hukum  Polres Pamekasan terdiri dari 13 Polsek Jajaran,” paparnya

Adapun tujuan Operasi, terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan, pelanggaran dan kemacetan menciptakan peningkatan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Sedangkan untuk Dasarnya, mengacu kepada Undang-undang No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Rencana kerja Kepolisian Resort Pamekasan T.A  2018.

Rencana Operasi Kepolisian Terpusat ”Patuh Semeru – 2018” Nomor : R/RENOPS/ 21/IV/OPS.1.1./2018 tanggal  23  Adalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dibidang Kamseltibcar Lantas.

Untuk memperlancar kegiatan operandi, pihak Satlantas Polres Pamekasan Sebelumnya telah melakukan sosialisasi tentang tertib berlalulintas di lembaga sekolah di Kabupaten pamekasan dan tempat umum. Selain itu, juga memberikan himbauan langsung maupun melalui stiker serta membagikan brosur Kamseltibcarlantas kepada pengguna jalan. (Ifa/Nang).