DPRD Trenggalek Targetkan 21 Ranperda Disyahkan Jadi Perda di Tahun 2018

Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Trenggalek, Alwi Burhanudin (kanan)

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek menargetkan 21 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) agar secepatnya dapat disahkan menjadi Perda pada tahun 2018.

DPRD Kabupaten Trenggalek melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) mentargetkan 21 Peraturan Daerah diantaranya 6 Perda dari insiatif DPRD dan 15 dari usulan Bupati.

Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Trenggalek, Alwi Burhanudin menjelaskan jika ditahun 2018 ini optimis jika payung hukum yang digunakan sebagai referensi akan terwujud dengan catatan ada sebuah kebersamaan baik dalam pembahasan dan finalisasi. “Kami bersama tim akan bekerja keras dalam mengemban amanat rakyat dan salah satunya adalah membuat peraturan yang berlandaskan hukum yang berlaku,” ucapnya, Kamis (26/4/2018).

Politisi dari PKS ini berharap peran aktif tim asistensi dari pemkab untuk terus berkoordinasi agar dalam pembentukan Perda bisa terealisasi. Perlu adanya kerja keras dan kebersamaan serta totalitas agar bisa mewujudkan aturan yang jelas dan tidak merugikan masyarakat.

Dikatakan Alwi sapaan akrabnya, saat ini sudah ada 4 Rancangan Peraturan Daerah (ranperda) yang dibahas dan tentunya pembahasan selanjutnya bisa berjalan lancar.

Selain itu, Pemkab juga harus mendorong tim asistensi untuk terus berinisiatif dan bekerja secara maksimal dan profesional. “Ini tahun politik, perlu konsentrasi tinggi dan bisa meminimalisasi tekanan dari manapun agar bisa mewujudkan salah satu cita – cita besar, yaitu, ikut mencerdaskan masyarakat,” tandas Alwi.

Dalam penyelesaiannya nanti, tidak hanya menjadi urusan bagian tertentu, namun dalam hal ini Dinas terkait diminta untuk memberi saran dan masukan sehingga bisa menghasilkan Perda yang baik.

Pihaknya juga berharap agar nantinya keberadaan Perda yang dihasilkan, dapat tersosialisasi ke masyarakat demi terwujudnya pembangunan daerah yang lebih baik. (mil/ham)