PWI Jatim Paling Produktif Gelar UKW di Indonesia

SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Persatuan Wartawan Indonesia( PWI) Jawa Timur paling produktif dalam menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Atal S Depari, Ketua Bidang Daerah PWI Pusat, Jumat (27/4/2018), saat membuka UKW Angkatan ke-23, yang digelar PWI Jatim, di Surabaya.

Menurut Atal, dari sekitar 9.000 anggota PWI di semua provinsi di Indonesia, yang paling banyak menggelar UKW adalah PWI Jatim. Ini ditegaskan dengan jumlah UKW yang digelar sudah mencapai 23 angkatan.

Setelah Jatim, provinsi lain yang paling banyak menggelar UKW adalah DKI Jakarta sekitar 17 kali, dan Lampung sekitar 15 kali.

“Hal ini menunjukkan, bahwa Jatim memang sangat produktif dalam mencetak wartawan yang berkompeten,” ujarnya.

Karena banyaknya wartawan yang ikut UKW dan seringnya UKW digelar oleh PWI Jatim, para penguji yang diterjunkan PWI Pusat ke Jatim jumlahnya selalu lebih banyak dibandingkan dengan UKW yang digelar di provinsi lain.

“Kalau provinsi lain biasanya hanya tiga penguji yang datang. Di Jatim selalu diatas itu, jumlahnya mencapai tujuh orang,” jelasnya.

Bahkan karena dinilai pentingnya UKW yang digelar PWI Jatim, Direktur UKW PWI Pusat sampai turun dan hadir untuk ikut mengawal dan mengawasi secara langsung pelaksanaan UKW.

“Inilah yang luar biasa dari Jatim,” tegas Atal.

Untuk itu, pihaknya berharap semua dari 56 orang peserta UKW angkatan ke-23 nanti bisa lulus semua.

“Kalau bisa lulus 100 persen, sangat keren,” ucapnya.

Apalagi, selama 22 kali pelaksanaan UKW yang digelar PWI Jatim, biasanya selalu saja ada peserta yang dinyatakan belum kompeten.

Wakil Ketua PWI Jatim Bidang Pendidikan Ainur Rohim menambahkan, selama ketika di lapangan wartawan menjalankan tugas jurnalistik secara serius dan profesional, dirinya yakin tidak akan ada masalah yang berarti dalam mengikuti UKW. Baik untuk kelas muda, kelas madya, maupun kelas utama.

“Dengan begitu, peserta bisa lulus dan dinyatakan kompeten,” tegasnya.

UKW Angkatan ke-23 yang digelar PWI Jatim diikuti 56 orang wartawan, dan akan berlangsung selama dua hari, hingga Sabtu (28/4/2018) di Graha A Azis PWI Jatim, Jalan Taman Apsari, Surabaya.

Sebelum pelaksanaan UKW, para peserta terlebih dahulu diberi pembekalan khusus, terkait teknis pelaksanaan UKW dan materi yang akan diujikan. (*)