Khofifah Datangi Pasar Ikan Lamongan, Inginkan Persingkat Bongkar Muat

Khofifah Indar Parawansa (baju putih) mendatangi Pasar Ikan Lamongan untuk meminta dukungan. Foto:omdik_kanalindonesia.com

LAMONGAN,  KANALINDONESIA.COM; Calon Gubernur Jawa Timur nomor 1 Khofifah Indar Parawansa menyapa pedagang di Pasar Ikan Lamongan, Sabtu (28/4/2018). Dalam kunjungannya ke Pasar Ikan Lamongan, Khofifah minta dukungan dan do’a restu dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018.

Usai menghampiri satu per satu lapak dan menyapa serta berdialog dengan para pedagang dan menyerap yang menjadi aspirasi dan rekomendasi dari pasar ikan terbesar di Jawa Timur ini. Khofifah mengatakan, diperlukan sebuah solusi lantaran lamanya proses bongkar-muat dapat mempengaruhi harga jual ikan.

Perempuan yang pernah menjabat sebagai Menteri Sosial kabinet Presiden Jokowi ini melihat sendiri beberapa permasalahan yang ada di Pasar Ikan Lamongan tersebut diantaranya adalah lamanya proses bongkar muat ikan. Pasalnya di jalan masuk ke tersebut sudah banyak mobil pick up yang antri untuk bisa masuk ke dalam pasar.

Antrien yang panjang itu dihampiri Khofifah dan ternyata banyak yang mengeluhkan akses masuk dan antrian panjang masuk ke dalam pasar yang susah.

“Mulai dari sebelum pintu masuk Pasar Ikan, kita sudah melihat deretan mobil yang antri untuk masuk ke pasar. Artinya, ini perlu proses lebih cepat untuk memberikan akses kepada para pedagang ikan yang ada di sini,” ujar Khofifah, Sabtu (28/4/2018).

Hal itu dikarenakan, semakin lama ikan dibongkar dari kendaraan yang mengangkut, maka semakin murah pula harga yang dimiliki. Karena semakin lama ikan berada di dalam kendaraan pengangkut, mempengaruhi kesegaran ikan di hadapan calon pembeli.

Melihat kondisi dan keluhan dari pedagang, Khofifah berharap, adanya percepatan proses bongkar-muat yang dapat dilakukan di Pasar Ikan Lamongan. Dengan harapan, kesegaran ikan dapat lebih terjaga dan tidak sampai membuat harga jual menurun signifikan.

Khofifah juga memberikan alasan dirinya mendatangi Pasar Ikan Lamongan, selain memang sebagai sarana serap aspirasi dan kampanye, juga karena ia mendapatkan informasi bila Pasar Ikan Lamongan merupakan salah satu yang terbesar di Jawa Timur.

Dalam kampanye kali ini Khofifah juga diiringi oleh sejumlah pengamen yang melantunkan lagu dan yel-yel kampanye. Bahkan saat keliling melihat para penjual ikan eceran, Khofifah juga menyempatkan untuk membeli ikan tambak serta kerang yang dijual oleh pedagang eceran di area Pasar Ikan Lamongan.

Jika terpilih untuk memimpin Jawa Timur nanti, Khofifah berjanji kepada pedagang dan pembeli ikan untuk membuat pasar ikan yang sekarang ini menjadi pasar ikan modern seperti di Korea Selatan.(omdik/fer)