Diduga Himpitan Ekonomi, Pemuda Lajang Nekat Gantung Diri

sukanan yang tergantung di atas pohon kopi, saat dievakuasi oleh petugas

KANALINDONESIA.COM : Seorang warga Dusun Tegalrejo, Desa Jarak, Kecamatan Wonosalan, Jombang. Nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri di sebuah pohon kopi yang tingginya 3 Meter. Sukanan (34) nekat mengakhiri hidupnya karena faktor ekonomi. Pekerjaan sehari-harinya sebagai buruh tani, nampaknya tidak bisa memenuhi kebutuhan ekonomi yang kian hari semakin melejit bak roket.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas Polres Jombang, Iptu Dwi Retno Suharti menuturkan terkait kronologi terjadinya aksi nekat korban, melakukan gantung diri.

“Korban gantung diri dari atas pohon kopi dengan ketinggian 3 meter, menggunakan tali tampar plastik warna biru. Penyebab sehingga korban nekat melakukan perbuatan tersebut, dikarenakan himpitan faktor ekonomi. Kronolagis kejadian ini pada hari jumat (16/09/2016), korban bersama ibunya pergi kekebun kopi bersama ibunya. Kebun kopi tersebut berjarak 2 km dari rumahnya untuk mencari makanan kambing (red: rambanan), selanjutnya sekitar jam 16.00 wib ibunya pulang. Namun hingga jam 20.00 wib korban belum pulang, akhirnya warga berusaha mencari ke kebun kopi namun tidak ditemukan,” ungkap Retno.

Baca:  Sambut HUT Kopassus ke 68 Berikan Bantuan Sembako Bagi Tenaga Honorer dan Warga Binaan

Masih menurut Retno,”Selanjutnya pada hari sabtu (17/09/2016), sekitar jam 07.00 wib, warga kembali naik ke kebun kopi untuk mencari korban dan tepat jam 07.30 wib korban ditemukan tergantung diatas pohon kopi setinggi 3 meter oleh Supar selaku kasun bersama warga sudah dalam keadaan tak bernyawa,” terangnya.

Dari kejadian ini warga, melapor ke Polsek terdekat. Petugas kepolisian beserta tim identifikasi dari polres Jombang melakukan olah TKP.

“Dari hasil olah TKP petugas menemukan barang bukti tali tampar plastik dan seluruh pakaian yang digunakan korban. Dari hasil pemeriksaan Dokter dan petugas identifikasi, tidak ditemukan indikasi adanya kekerasan, kejadian ini murni bunuh diri dan tidak ada unsur lain,” pungkas Retno.(elo)

Baca:  Pelaku Lempar Kaca Mobil di Ploso Jombang, Dibekuk Polisi