Musim Paceklik Ikan, Nelayan Prigi Manfaatkan Untuk Lomba Balap Kapal

lomba balap kapal miniatur Prigi Fest 2018

TRENGGALEK,  KANALINDONESIA.COM: Ada kegiatan unik yang dilakukan para nelayan Pantai Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek guna mengisi waktu saat musim paceklik ikan atau sepi tangkapan ikan. Salah satu arena kolam dermaga yang ada di Perikanan Prigi disulap menjadi sirkuit balap miniatur kapal Slerek.

Perlombaan balap miniatur kapal Slerek ini rutin digelar oleh Karang Taruna setempat bersama para nelayan yang dikemas dalam satu event yang disebut Prigi Fest (Festival).

Jenis kapal yang dilombakan harus berjenis Slerek. Hak tersebut dikarenakan jenis kapal ini merupakan jenis kapal penangkap ikan yang paling banyak digunakan nelayan setempat.

Dikonfirmasi terkait event Prigi Fest ini, salah satu panitia kegiatan mengungkapkan beberapa peserta yang tak hanya diikuti dari dalam Trenggalek saja, melainkan dari luar Trenggalek juga ikut memeriahkan event ini.

“Untuk jumlah pesertanya ada 16, yang terdiri dari nelayan yang bukan hanya nelayan asal Prigi, tetapi juga ada yang berasal dari Surabaya, ” ungkap Sukarno, Senin (30/04/2018).

Dijelaskan Karno sapaan akrabnya, untuk mengopersikan 1 kapan miniatur ini dibutuhkan sedikitnya 2 orang. Yang mana nantinya mereka berbagi tugas sebagai pengendali remot kontrol sedangkan 1 lainnya melepaskan kapal di garis start.

Dalam perlombaan ini, peserta tidak hanya mengandalkan kecepatan laju kapalnya, melainkan operator remot kontrol harus menguasai dan mengarahkan kapal ke jalur sirkuit yang disediakan. Karena lintasannya cukup sempit dan berbelok – belok.

“Perahu yang mengikuti perlombaan, panjangnya antara 1,3 meter hingga 1,4 meter. Lebarnya sekitar 20 sentimeter. Dan kegiatan ini hanya diadakan pada bulan Januari atau Februari yang kebetulan masuk musim paceklik ikan, ” tegasnya.

Balap miniatur kapal ini memacu kreativitas nelayan lokal. Yang juga bertujuan untuk menarik minat wisatawan baik lokal maupun domestik.

Menariknya, panitia menyiapkan hadiah utamanya sepeda motor bagi perih juara pertama. Sedangkan hadiah untuk juara ke 2 berupa uang senilai Rp 5 juta rupiah dan Juara ke 3 akan mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 4 juta rupiah. (mil)