Plt Bupati Trenggalek: Semua Komponen Bertanggungjawab Suksesnya Pilgub Jatim

TRENGGALEK,  KANALINDONESIA.COM: Plt Bupati Trenggalek, Moch Nur Arifin meminta semua komponen pemerintah, mulai dari penyelenggara pemilu sampai kepada masyarakat yang akan menggunakan hak pilih begitu juga para aparat keamanan agar selalu menjaga kondisi yang sejuk, aman dan damai sampai berlangsungnya coblosan di Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, pada 27 Juni mendatang.

Hal ini disampaikan Moch Nur Arifin saat gelar arahan kesiapan pengamanan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim yang diselenggarakan Polres Trenggalek di Pendopo Manggala Praja Nugraha lingkup Pemkab Trenggalek, Rabu, (2/4/2018).

Dikatakannya, tanggungjawab keamanan pelaksanaan Pilgub Jatim 2018 pada 27 Juni nanti tidak hanya bergantung pada aparat keamanan saja, namun secara menyeluruh kamtibmas juga harus dipanggul oleh masayarakat termasuk pasukan Perlindungan masyarakat (Linmas) yang ada di 152 desa dan 5 kelurahan yang ada di wilayah Kabupaten Trenggalek.

“Semua komponen baik TNI, Polri dan Linmas harus mampu mengemban amanah dalam me;lindungi masyarakat di tahun politik ini,” katanya. 

Nur Arifin juga menyampaikan keterlibatan Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) juga berperan penting dalam ikut mensukseskan pelaksanaan pemilu sampai tahap pungut suara kali ini.

“ Intinya kita menyamakan visi dalam mengamankan Trenggalek sehingga tidak ada gangguan stabilitas yang lain,” tuturnya.

Stabilitas yang lain itu, menurut Wabup termuda se Indonesia ini, termasuk stabilnya harga ekonomi di beberapa pasar di wilayah Trenggalek.

“Kemarin kita lakukan cek pasar , mulai dari harga barang sampai bagaiman pasokan barang dari distributor. Jadi kita tidak akan membiarkan sedikitpun gejolak di wilayah ini,” tegasnya.

Plt Bupati Moch Nur Arifin percaya apa yang telah dilakukan pihak Kodim 0806 Trenggalek serta aparat Kepolisian Resort Trenggalek telah berjalan dengan baik. Terlihat kegiatan sambang mesjid dan subuhan berjemaah yang dilakukan dua institusi vertikal itu mampu membuat Trenggalek semakin aman dan tentram.

“Saya juga ngiri atas insiatif dua pemegang tongkat komando itu,” ungkapnya.

Diharapkan semua jajaran pengamanan pemilu di TrenggalekPlt Bupati : Semua Komponen Bertanggungjawab Suksesnya Pilgub Jatim juga aktif melakukan komunikasi dan koordinasi sehingga ada pergeseran keadaan sedikitpun bisa terdeteksi secara dini serta mudah mengantisipasinya.

“ Kuncinya komunikasinya baik dan dilanjutkan dengan koordinasi,” pungkasnya. (ham)