Baznas dan Pengadilan Agama Kelas I A Padang Legalkan Pernikahan 201 Pasangan Warga Siberut

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Semen Padang bekerjasama dengan Pengadilan Agama Kelas I A Padang berhasil mensahkan secara resmi hukum pernikahan 201 pasangan suami istri di daerah Kepulauan Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Hal itu diungkapkan Kepala Divisi Pengumpulan UPZ Baznas Faisal Qosim Lc saat berkunjung ke wilayah tersebut, pekan lalu.

“Alhamdulillah acara berlangsung sukses setelah perjalanan laut dengan kapal selama 10 jam,” ujar Faisal Qosim didampingi Ketua UPZ Baznas Semen Padang Oktoweri dan Kepala Divisi Monitor dan Evaluasi Baznas Efri Syamsul Bahri.

Ia menjelaskan mereka sebelumnya sudah menikah secara siri yang tersebar di 5 kecamatan di Kepulauan Siberut, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Legalisasi pernikahan ini dibuktikan dengan pemberian buku nikah oleh Kepala Kementerian Agama Kepulauan Mentawai usai mereka mengikuti sidang itsbat nikah terpadu 2018 yang digelar UPZ Baznas Semen Padang.

“Selain buku nikah, 201 pasangan nikah ini juga diberikan e-KTP, Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran karena sidang itsbat nikah terpadu juga melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kepulauan Mentawai,” kata Faisal yang juga alumnus S1 Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Barat, Hasan Basri Harahap menuturkan, sidang itsbat nikah di Siberut Utara sangat membantu masyarakat. Sebab, masing-masing pasangan suami-istri yang sebelumnya menikah secara siri diberikan kemudahan dalam mendapatkan identitas dirinya sebagai warga negara Indonesia setelah mereka mengikuti sidang itsbat terpadu.

“Kalau saja tidak ada sidang itsbat nikah terpadu ini, tentu mereka akan mengurus buku nikah, akte kelahiran dan catan sipil dengan sendiri-sendiri, dan tentunya juga akan akan memakan biaya transportasi yang cukup besar dan waktu yang begitu lama,” ungkap Hasan Basri.

Oleh sebab itu, ia mengapresiasi Semen Padang, khususnya UPZ Baznas Semen Padang yang memberikan bantuan dana kepada masyarakat Siberut Utara melalui Pengadilan Agama Kelas I A Padang dan Kemenag Mentawai.

Melalui bantuan ini, ratusan masyarakat yang sebelumnya merasa terimarjinalkan, akhirnya bisa mendapatkan haknya sebagai warga negara Indonesia.

“Kami mengapresiasi apa yang dilakukan UPZ Baznas Semen Padang. Sebab, UPZ tak hanya menanggung biaya yang dikeluarkan dalam sidang itsbat nikah massal terpadu ini, tapi juga menanggung seluruh biaya transportasi peserta sidang itsbat, termasuk biaya makan selama sidang berlangsung,” tutur Hasan Basri. @Rudi