Pengumuman Kelulusan Pelajar di Jombang, Polisi Bubarkan Konvoi

sejumlah pelajar yang hendak melakukan konvoi sepeda motor, dibubarkan Polisi dari Satlantas Polres Jombang
sejumlah pelajar yang hendak melakukan konvoi sepeda motor, dibubarkan Polisi dari Satlantas Polres Jombang

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: :Pengumuman hasil ujian nasional (Unas) pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, di Jombang Jawa Timur, disambut dengan konvoi kendaraan sepeda motor, serta aksi corat coret baju seragam sekolah, yang dilakukan oleh sejumlah pelajar.

Alhasil, sejumlah pelajar kabur berhamburan mengetahui aparat kepolisian dari Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Jombang, berusaha membubarkan kumpulan pelajar yang hendak melakukan aksi konvoi tersebut, didepan sekolah dan di sejumlah titik yang diduga akan dijadikan titik kumpul sebelum konvoi.

“Anak-anak kelas 12 katanya mau konvoi kelulusan di RTH (Ruang Terbuka Hijau) Mojoagung,” ujar Ridho salah satu pelajar asal salah satu sekolah swasta di Jombang, Kamis (3/5/2018).

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Jombang, Iptu Totok, menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya pencegahan yang dilakukan oleh pihak Polres Jombang dalam mengantisipasi pelanggaran lalu lintas.

“Ya tadi sempat saya bubarkan, khususnya pelajar yang baru saja melaksanakan kelulusan di STM DB, tadi saya bubarkan,” ungkap Totok.

Namun saat dilakukan pembubaran, lanjut Totok, petugas tidak menemukan adanya pelanggaran lalu lintas terhadap aksi konvoi yang dilakukan oleh pelajar tersebut.

“Kalau ada pelanggaran berat akan saya tindak, namun tadi pake helm semuanya jadi saya bubarkan saja,” paparnya.

Selain melakukan pembubaran, pihak Satlantas Polres Jombang, juga menghimbau pada sejumlah pelajar yang merayakan pengumuman kelulusan agar tidak mengganggu arus lalu lintas yang ada.

“Langsung saya himbau untuk adek-adek pelajar untuk kembali ke rumah masing-masing, tidak ada gunanya kalau hanya putar-putar atau uforia di kota sambil corat coret, atau mungkin mengganggu aktifitas arus lalu lintas,” tukasnya.

Sejumlah titik yang menjadi sasaran polisi mengantisipasi konvoi pelajar yakni, SMK DB, depan SMA 3, sekitar kawasan alun-alun Jombang, didepan SPBU Parimono, dan jalan raya di Desa Pandanwangi.(elo)