Asops Kasal Tinjau Pelaksanaan Gladi Bersih MNEK 2018

LOMBOK, KANALINDONESIA.COM: Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos didampingi Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 Laksamana Pertama TNI Rachmad Jayadi, M. Tr (Han) yang sehari-hari menjabat sebagai Danguspurlatim dan Danlantamal VII Kupang berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan Gladi Bersih MNEK 2018 di Pelabuhan Lembar, Lombok Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis (03/05/2018).

Laksamana bintang dua ini menyaksikan kegiatan yang disimulasikan sesuai dengan waktu yang sesungguhnya yang diawali dengan penampilan gabungan prajurit TNI dan Polri dalam Gendang Beliq Dance sebagai salam pembuka, demonstrasi terjun payung oleh pasukan elit TNI AL dan demonstrasi pesawat Bonanza milik TNI AL yang menyuguhkan berbagai formasi yang sangat menegangkan, performance Patuh Patut Pacu Dance persembahan 300 orang siswa siswi SMP dan SMU  serta fleet inspection dengan melaksanakan inspeksi ke kapal-kapal perang peserta MNEK 2018.

Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI, Aan Kurnia mengatakan MNEK 2018 yang dilaksanakan di  Pulau Lombok merupakan kegiatan yang ketiga kalinya setelah dua pelaksanaan sebelumnya di Batam dan Padang, dengan sejumlah kegiatan baik latihan di darat dalam kegiatan bhakti sosial maupun latihan di laut.

“Alhamdulilah, MNEK pada tahun 2018 dilaksanakan di Lombok. Kegiatan MNEK ini dilaksanakan setiap 2 tahun, MNEK pertama di Batam tahun 2014 hanya diikiti oleh 18 negara, pada tahun 2016 saat MNEK dilaksanakan di Padang diikuti 34 negara dan pada tahun 2018 ini, naik menjadi 37 negara”, tutur Aan Kurnia.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan MNEK 2018  yang akan diikuti 5.500 prajurit angkatan laut ini juga mempunyai misi untuk memperkenalkan Indonesia utamanya Pulau Lombok dengan destinasi wisata dan budayanya.

“Dalam acara ini TNI AL akan memperkenalkan wisata dan budaya Pulau Lombok,  untuk itu kami memohon doa kepada masyarakat Pulau Lombok untuk kesuksesan acara ini karena membawa nama negara kita, Lombok ini luar biasa oleh karena itu dipilih menjadi lokasi MNEK 2018 ini” ucapnya.(dan)