Plt Sekda : Perkuat jalinan Kerjasama dengan Pemprov

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Akhirnya Pemerintah Kabupaten Trenggalek dipercaya menjadi tuan rumah Pagelaran Apresiasi Wayang Kulit yang rutin digelar pihak Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Selain memberikan hiburan kepada masyarakat serta bergerak dalam pelestarian budaya khususnya seni wayang , pemilihan lokasi di Kota Wisata Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek ini berahrap mampu mendongkrak kunjungan wisata di Prigi yang kini tengah bergeliat.

Mengambil lakon babat Hastina, pagelaran wayang kulit yang didukung pelawak kondang Precil dan kawan-kawan , acara itu digelar di area parkir kawasan Prigi 360, Selasa lalu.

Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Drs. Kusprigianto, MM, menyambut baik dengan ditunjuknya Kabupaten Trenggalek sebagai tuan rumah gelar Apresiasi Wayang kulit.

“Ini menjadi wadah jalinan kerjasama untuk lebih mempererat hubungan Pemkab Trenggalek dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” tutur Kusprigianto.

Pagelaran Wayang Kulit ini bertepatan dengan acara Prigi Fest 2018, dimana festival tersebut merupakan upaya untuk menggugah potensi dan sekaligus memberdayakan apa yang dimilki oleh Pantai Prigi.

“Kita punya agenda wisata yang digagas pemuda dan telah berjalan sekian tahun ini yakni Prigi fest untuk memajukan wisata di Prigi,” terangnya.

Dikatakannya, selama ini kawasan Pantai Prigi tidak hanya dikenal sebagai kawasan wisata saja, namun dibalik itu masih banyak potensi yang belum tergali termasuk potensi yang dimiliki oleh masyarakatnya.

“Diiharapkan dengan diselenggarakannya acara Prigi Fest nantinya dapat mendongkrak kunjungan wisatawan, sehingga ikut pula dirasakan oleh masyarakat sekitar pantai Prigi baik dari segi ekonomi juga seni budayanya,” pungkasnya.

Terpisah,Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jatim, Sinarto, S.Kar, MM, yang mewakili Kepala Dinasnya, Ir Djariyanto menyampaikan bahwa Pagelaran Apresiasi Wayang Kulit ini bertujuan untuk membangun kesalehan sosial.

“Pagelaran wayang ini merupakan sarana yang dilakukan pemerintah Provinsi jatim melalui Dinas pariwisata dan Kebudayaan untuk lebih dekat dengan masyarakat dengan mengembangkan kesenaian dalam wujud pewayangan,” ungkap Sinarto.

Pihaknya mengakui kini Prigi telah menjadi viral di dunia maya dengan eksotika alam yang tidak dijumpai di pantai yang lain .

“Pagelaran wayang yang bertempat di Pantai Prigi juga merupakan salah satu cara untuk mempromosikan destinasi wisata, orang berwisata itu tidak hanya mencai kepuasan bersifat lahir saja sehingga dengan melihat pagelaran wayang ini diharapkan juga mendapat kepuasan batin, jadi pulang tidak hanya mendapat oleh-oleh malainkan juga nilai yang dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari,” tutup Sinarto. (ham)