Dialogis dengan Nelayan Munjungan Wujudkan Kamtibmas

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Rasa kesabaran yang ulet  dalam merangkul serta mendekati berbagai kalangan warga masyarakat, itu kunci sukses seorang polisi desa saat patroli secara umum maupun sambang warga dimanapun.

Unit Patroli Sabhara Polsek Munjungan Polres Trenggalek semaksimal mungkin berupaya dalam menyampaikan himbahuan serta mentransfer informasi kepada masyarakat, agar ketertiban keamanan terselenggara dengan baik, khususnya kepada warganya yang banyak berprofesi sebagai nelayan.

Kapolsek Munjungan AKP Totok Sudarto melalui anggota Polsek Aiptu Guntoyo menerangkan dengan pola pendekatan humanis serta bicara efektif  sengaja dimainkan untuk menggalang warga nelayan  yang sedang beraktifitas menarik jaring tradisional di Pantai Blado Munjungan.

“Ini pendekatan humanis agar masyarakat juga dekat dengan kami. Karena kita butuh mereka dan mereka butuh kita,” terangnya, Jum’at (4/5/2018).

Patroli jalan kaki yang dilaksanakan di pesisir pantai itu, menurutnya sangat tepat untuk media pendekatan kepada para nelayan sebagai wujud pula keakraban yang tulus sekaligus sarana sampaikan pesan sehubungan dengan hal ikhwal informasi kamtibmas.

“Nelayan merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan hiruk pikuk di kawasan pesisir pantai,  sehingga kerlibatan dalam pengawasan anak-anak remaja juga bagian pula bagi mereka,” ujar Aiptu Guntoyo.

Gelaran geliat unit  patroli dialogis sabhara Polsek Munjungan Polres Trenggalek ini juga dilaksanakan saat waktu rawan. Intensitasnya akan selalu ditingkatkan dalam mengantisipasi kerawanan berbagai bentuk kamtibmas.

“Ini musim ikan juga tiba, maka kami juga meningkatkan patroli keamanan,” pungkasnya. (pb/ham)