Baznas Bantu Pengungsi Palestina

JORDANIA, KANALINDONESIA.COM: Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) menyambut baik niat baik Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk membantu kebutuhan 2,2 juta pengungsi Palestina yang bermukim di Yordania.

Hal itu tercermin pada pertemuan pejabat Agensi Pekerjaan dan Pemulihan PBB untuk Pengungsi Palestina atau The United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) dengan pejabat Baznas di Amman, Yordania.

Director of UNRWA Operations, Jordan, Roger Davies menyambut baik Baznas untuk membantu pengungsi.

Menurutnya, anggaran UNRWA berkurang sangat jauh dari tahun sebelumnya karena berbagai isu, sedangkan kebutuhan pengungsi sangat besar.

“Para pengungsi di Palestina masih membutuhkan bantuan seperti kesehatan, pendidikan keahlian serta microfinance,” ujar Roger Davies.

Ia mengungkapkan, menjelang bulan suci Ramadhan juga membuat kebutuhan para pengungsi meningkat.

“Kami berharap Baznaa dapat membantu kebutuhan pengungsi Palestina di Yordania yang saat ini jumlahnya mencapai 2,2 juta jiwa,” ungkap Roger Davies.

Sementara itu, Deputi Baznas Arifin Purwakananta yang memimpin delegasi Baznas ke Palestina, menyambut baik kerjasama ini. Ia mengatakan, masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang begitu peduli dengan Palestina.

“Kami sudah menyiapkan program pendidikan dan kesehatan bagi pengungsi Palestina. Kami juga sudah menyiapkan bantuan untuk mendukung ibadah Ramadhan. Masyarakat Indonesia itu hati dan  hartanya untuk rakyat Palestina,” tutur Arifin diiyakan Duta Besar RI untuk Yordania, Andi Rahmianto.

Dalam kesempatan itu, delegasi Baznas mengunjungi para pengungsi Palestina dan ke klinik UNRWA di pinggiran Kota Amman Yordania, Kamis (3/5/2018).

Selain itu, juga berkunjung ke Kantor Pusat Jordan Hashemite Charity Organization (JHCO), sebuah lembaga filantropi milik sebuah keluarga di Yordania. @Rudi