Ribuan Bike Cegah Berita Hoax dan Isu Sara, Polres Trenggalek Gelar Gobar

Kegiatan Gowes Bareng di Halaman Mapolres Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINSONESIA.COM: Ribuan bikers dari penjuru Jawa Timur memadati halaman Mapolres Trenggalek pagi ini. Para bikers ini datang untuk berpatisipasi dalam acara Gobar (Gowes Bareng) yang digelar Polres Trenggalek dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke-72.

Sebuah panggung ukuran besar disiapkan di sebelah utara halaman Mapolres, sementara disisi selatan dua tenda peleton didirikan sebagai tempat sarapan pagi. Berbagai menu disediakan bagi peserta. Tak ketinggalan Photobooth juga disiapkan bagi peserta yang ingin berswafoto.

Pemberangkatan peserta dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, didampingi para pejabat utama Polres Trenggalek.

Kapolres Trenggalek menuturkan, selain memperingati hari Bhayangkara, melalui Gobar ini pihaknya berharap kondisi Kamtibmas di Trenggalek menjelang Pilkada 2018 yang akan berlangsung pada bulan Juli mendatang dimana salah satunya adalah perang terhadap berita hoax, ujaran kebencian dan isu Sara.

“Seperti yang anda lihat, para bikers ini tidak mengenal perbedaan pilihan. Semua berkumpul menjadi satu dalam ikatan persaudaraan yang kuat. Saya harap, sebelum maupun sesudah Pilkada nanti semua masyarakat tetap menjaga persatuan, persaudaraan dan kerukunan, ” ucap Didit saat dikonfirmasi usai kegiatan, Minggu (06/5/2018).

Pihaknya menekankan untung tidak mudah terprovokasi oleh berita Hoax, ujaran kebencian maupun isu Sara.

Di sisi yang lain, Didit mempunyai misi, ingin memperkenalkan keindahan Trenggalek kepada masyarakat luas. Dengan Gowes bareng ini, peserta dari luar kota akan melihat secara langsung keindahan dan eksotisme alam Trenggalek sehingga akan menarik banyak wisatawan yang berkunjung.

“Alam Trenggalek luar biasa indah. Sangat cocok bagi mereka yang punya hobi advanture seperti MTB atau Trail. Silahkan datang dan buktikan sendiri, ” tegasnya.

Sementara itu, Wakapolres Trenggalek Kompol Agung Setyono, S.S. menuturkan, Gobar dibagi menjadi dua sesi. Yang pertama adalah Mountain Bike (MTB) dengan rute Mapolres-Hutan kota (Huko)-Desa Ngares-Desa Sengon Kecamatan Bendungan-Taman Angin- Alon Alon dan Finish Mapolres. Yang Kedua Fun bike dengan rute Start MapolresSukarno Hatta-Jagalan-Desa Salam Rejo- Sambirejo- Rejowinangun-Finish Mapolres.

“MTB melalui jalur pegunungan, hutan dengan medan yang cukup menantang. Pesertanya dari club dan pecinta MTB se Jawa Timur. Sedangkan Fun Bike rutenya diseputaran kota sejauh 10 Km. Diikuti oleh komunitas sepeda unto dari beberapa daerah dan masyarakat Trenggalek, ” jelas Agung.

Salah satu peserta Gobar asal jombang menuturkan, dirinya sangat terkesan dengan rute MTB. Menurutnya, jalur yang dilalui tidak terlalu jauh namun cukup menggugah andrenalin. Iapun tertantang menaklukkan turunan tajam maupun tanjakan ekstrim yang terpampang disepanjang jalur.

Bahkan saat harus menyeberangi sungai, dirinya terpaksa memanggul sepeda untuk melintas. Dibalik itu semua, Harisudin mengaku kagum dengan panorama alam yang disuguhkan dan akan ikut jika ada even serupa di Trenggalek.

“Rutenya asli menantang. Keren. Ndak nyangka Trenggalek punya Jalur MTB seperti ini. Pasti nanti ikut lagi kalau ada event disini, ” tutur Harisudin.

Di akhir acara, dilakukan pula deklarasi anti hoax, ucaran kebencian, isu Sara maupun radikalisme oleh perwakilan bikers yang diikuti oleh seluruh para peserta yang hadir di halaman mapolres. (mil/ham)