Siswa SMA Mazra’atul Ulum Kembali Unjuk Gigi Ciptakan Inovasi Permen Kerang

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM: Kreativitas Siswa-Siswi di Lamongan, Jawa Timur, terus tampil unjuk gigi di tiap ajang Business Plan Competition tingkat Nasional maupun tingkat Jawa Timur. Sebelumnya, siswa ini berhasil mengolah permen dari ceker ayam, kali ini siswa SMA Mazra’atul Ulum Paciran kembali berhasil mengolah permen dari kerang yang memiliki kandungan gizi tinggi.

“SI LOKAN CANDY” namanya. Permen ini merupakan Produk Inovatif baru siswa SMA Mazra’atul Ulum Paciran. Tiga siswa berprestasi yang terdiri dari Devin Dzikira (Kelas X), Eka Wati Annur (Kelas XI) dan Ria Safutri (Kelas X) berhasil meraih peringkat pertama dalam BUSINESS PLAN COMPETITION Tahun 2018.

Ketiga siswa ini mampu menumbangkan lebih dari 30 peserta tingkat SMA Se-derajat di Jawa Timur, yang di selenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Managemen Muhammadiyah Gresik.

Olahan permen kerang inovatif siswa ini terbuat menggunakan bahan yang sederhana, mulai dari kerang, asam jawa, jeruk nipis, tepung gula dan bahan bahan lainnya yang menunjang berbagai macam varian rasa.

“Cara mengolahnya praktis kok, kalau sudah menyiapkan bahan bahannya terus tinggal mencampurnya satu persatu,” kata Eka salah satu siswa inovator.

Pertama tama, siswa mengolah kerang terlebih dulu. Lalu, kerang, asam jawa, jeruk nipis dan di campur air secukupnya dihaluskan secara bersamaan. Kemudian bahan tersebut di saring lalu di rebus di atas panci dengan skala api kecil.

Sambil menunggu bahan sampai mendidih, siswa menyiapkan bahan lainnya seperti tepung gula, gula merah, dan bahan perasa. Setelah itu bahan tersebut di campur bahan rebusan pertama selanjutnya di aduk hingga menggumpal.

Jika sudah terlihat menggumpal kemudian tinggal di cetak menggunakan pipa paralon yang di potong dengan ukuran kecil, selanjutnya tinggal proses penjemuran. Permen berbahan kerang ini memiliki banyak kandungan vitamin, di dalamnya terdapat, vitamin E, B1,B12, Omega 3, Zinc (Kalium) hingga vitamin lainya.

Sementara, Kepala Sekolah SMA Mazra’atul Ulum Paciran Dewi Makiyah SPd melalui Hartono Guru Pembimbing Kewirausahaan mengatakan, pihaknya berencana akan mempatenkan produk barunya SI LOKAN CANDY agar bisa di jual di pasaran secara meluas.

“Kami kedepan sekaligus akan mengurus hak patennya biar gak di tiru orang lain. Habis itu bisa kita di jual masal secara meluas,” jelas Hartono.

Selain itu, seluruh keluarga besar SMA Mazra’atul Ulum berharap, setelah lulus sekolah siswa nantinya bisa menjadi Entrepreneur muda yang sukses dalam mengembangkan inovatifnya di bidang kewirausahaan. (Omdik/Fer)