Lepas Merpati, Ketua Kwarcab Pramuka Lamongan Buka Almaz Scout Competition

Yuhronur Efendi selaku Kakwarcab Gerakan Pramuka Lamongan melepas sepasang merpati dalam pembukaan ASC 2018. Foto:omdik_kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Lamongan, Yuhronur Efendi, SE., MM., MBA. membuka kegiatan Pramuka bertajuk ”Almaz Scout Competition (ASC). Kegiatan ini diikuti Pramuka Penggalang se Kabupaten Lamongan, di halaman MA Mazro’atul Ulum Paciran Lamongan, Minggu (6/5/2018).

Yuhronur mengapresiasi Gudep MA Mazro’atul Ulum dalam mengairahkan kegiatan kepramukaan khususnya di Wilayah Pantura Kabupaten Lamongan. Kegiatan Almaz Scout Competition ini merupakan realisasi dari amanat Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010.

“Saya bangga sekaligus berterimakasih atas inisiatif Gudep MA Mazro’atul dalam mengembangkan kegiatan pramuka. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi Gugus Depan Gerakan Pramuka lainnya,” ucap Yuhronur Efendi.

Kegiatan diikuti sebanyak 245 peserta, terdiri dari pramuka Penggalang dari 17 pangkalan.

Untuk jenis lomba, peserta Penggalang akan mengikuti lomba seperti Aero Modelling, Hydro Modelling dan Water Rocket.

Lomba Aeromodelling yang menggunakan model Chuck Glider atau Outhand Launched Glider (OHLG) pada model pesawat ini dirancang untuk terbang bebas dengan daya yang ada pada model itu sendiri. Model ini dimulai dengan melempar pesawat dengan tangan manusia agar mencapai ketinggian tertentu.

Hidromodelling merupakan perlombaan yang mendesain model kapal secara menarik dimana menggunakan kekuatan listrik. Secara teoritis, cabang perlombaan ini juga sarat dengan adu cepat melewati lintasan yang telah ditentukan dimana setiap timnya terdiri dari dua orang.

Sedangkan untuk kategori Water Rocket, perlombaan lebih menitikberatkan pada kemampuan roket untuk terbang melewati penghalang. Nantinya, roket tersebut akan mendarat pada target berbentuk lingkaran yang terbagi menjadi enam zona target dimana terdapat dua orang anggota tim di dalamnya.

Kepala MA Mazro’atul Ulum Paciran, H. Farihi, S. Pd. mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin untuk mengisi waktu liburan menjelang akhir tahun pelajaran, memberikan motivasi kepada siswa MA Mazro’atul Ulum untuk bisa melaksanakan kegiatan dengan baik dan tentunya berbagi pengalaman kepada adik-adiknya.

“Prestasi siswa kami cukup banyak mulai dari tingkat Kwaran sampai Nasional. Kami ingin berbagi ke anak-anak SMP/MTs dan juga SD/MI,” kata Farihi.

Dalam acara ASC, selain dihadiri oleh Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Lamongan Yuhronur Efendi, juga dihadiri oleh beberapa Andalan Gerakan Pramuka Ranting Paciran.

Pada kesempatan itu juga, Yuhronur Efendi juga mengalungkan tanda peserta dan melepas sepasang Burung Merpati sebagai tanda dimulainya ASC tahun 2018.(omdik/fer)