Enam Dari Sepuluh Milenial Indonesia Optimis dengan Masa Depannya. Apa Sebabnya?

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Good News From Indonesia (GNFI) menggelar diskusi bersama anak-anak muda dan mengeluarkan hasil survei terbaru mengenai optimisme anak-anak muda Indonesia. Hasilnya, 6 dari 10 anak-anak milenial merasa optimistis terhadap masa depan Indonesia.

Dalam diskusi yang digelar di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, 7 Mei 2018, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko, di hadapan anak-anak muda tersebut mengatakan, “Pada tahun 2045 nanti, kalianlah yang akan memegang tongkat estafet kepemimpinan negeri ini. Mimpi yang besar kalian dapat terwujud dari kerja-kerja yang kecil sejak sekarang, yang nantinya dapat terakumulasi menjadi kekuatan yang besar,”ucapnya.

Selain Moeldoko, diskusi juga menghadirkan Abie Abdillah, seorang desainer furnitur berbasis rotan yang karyanya sudah sangat mendunia.

Ada juga Panji Azis yang membangun Rumah Milenial dan memberikan bantuan pendidikan kepada ratusan anak-anak yang tidak mampu di wilayah Banten. Selain itu, hadir pula Anindya Kusuma Putri, Putri Indonesia 2015, yang ternyata pernah menjadi atlet bulutangkis semasa remaja.

“Jangan jadikan kegagalan melemahkanmu!” pesan mantan Panglima TNI yang di waktu kecil tak bercita-cita menjadi tentara. Ia berkisah, hidupnya berubah saat ada seorang taruna militer yang datang ke desanya, dan ia begitu kagum melihat sosok tersebut. Moeldoko kecil ingin menjadi seperti taruna itu. Lalu, ia pun menyampaikan keinginan tersebut kepada ibundanya, sekalipun saat itu kebanyakan anak-anak sebayanya hanyalah lulusan sekolah menengah pertama. “Apa kamu bisa, nak?” Ibunya setengah bertanya, yang justru melecutnya untuk mewujudkan mimpi itu.