Satreskrim Polres Pacitan Bongkar Sindikat Spesialis Pencuri Sepeda MTB

PACITAN,  KANALINDONESI.COM: Jajaran Satreskrim Polres Pacitan berhasil meringkus 6 dari 7 tersangka sindikat spesialis pencurian sepeda gunung MTB yang kerap beraksi di wilayah Kabupaten Pacitan.

Keberhasilan ini atas kerja sama masyarakat dengan Polres Pacitan membongkar sindikat pencuri sepeda MTB, hal ini patut diacungi jempol.

Ke enam terangka yakni HBS (38) warga Dusun Wongsorejo, Banyuwangi: MSM (43) warga Kelurahan Cokromenggalan, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo: SYF (38) warga  Jagir Sidoresmi Gg 8 Wonokromo, Surabaya: WU (35) warha Dukuh,  Krajan, Desa Montong, Tuban: MBW (57) warga Kelurahan Ngajang, Kecamatan Sepanjang, Sidoarjo: SYFI (58) warga Tenggunung Wetan Gg Duku, Wonokromo, Surabaya.

Mereka sudah lama menjalankan aksinya di wilayah Pacitan dan barang curian tersebut dijual di wilayah Surabaya.

Kapolres Pacitan AKBP. Setyo K Heriyatno, mengatakan,”untuk saat ini kami mengamankan 6 orang tersangka pencuri sepeda MTB, dari ke enam orang tersebut sudah melakukan pencurian sebanyak 30 kali di wilayah Pacitan. Sedangkam untuk modus operandinya para tersangka itu dibagi dua tim yaitu tim siang dan tim malam. Dalam menjalankan operasi pencuriannya mereka menggunakan 2 unit mobil, yang satu unit stanby di alun-alun dan satu unit lagi keliling ke daerah pelosok kota yang disinyalir aman,” kata Kapolres, Selasa (8/5/2018).

Masih menurut Kapolres,” kami masih memburu beberapa sindikat yang masih DPO. Sedangkan untuk barang bukti yang kami sita ada 12 unit sepeda MTB dan yang 18 unit sudah terjual, saat ini masih dalam pengembangan lebih lanjut,”kata Kapolres.

Atas perbuatanya tersebut,  5 dari 6 tersangka itu dikenakan pasal 363 KUHP Pencurian dan pemberatan dengan maksimal 7 tahun penjara, sedangkan 1 tersangka dikenakan pasal 480 KHUP sebagai penadah barang curian dan ancamannya 4 sampai 7 tahun penjara.

Kapolres juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Pacitan untuk lebih berhati-hati dalam memarkir sepeda pancal dan kendaraan sepeda motor harus gunakan kunci ganda, ” jangan merasa aman, karena saat ini kota Pacitan sudah menjadi incaran para pencuri dari luar kota. Maka diharap lebih berhati -hati,” itu himbauan Kapolres.

Ditambahkan lagi, jika ada yang merasa pernah kehilangan MTB bisa datang ke Polres dengan membawa kuitansi pembelian dan bukti lapor kehilangan,” pungkas Kapolres. (Bc)