Sambut Ramadhan, Baznas Hadirkan Program Masjid Cemerlang dan Kampung Zakat

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menghadirkan program Masjid Cemerlang.

Direktur Operasi Baznas Wahyu TT Kuncahyo mengatakan program ini dipersembahkan untuk para mustahik dan muzaki dalam mempersiapkan masjid atau mushala agar lebih bersih dan nyaman untuk tempat ibadah saat bulan suci Ramadhan.

Selain itu,  program kreatif dan inovatif ini untuk menggairahkan kepedulian dan rasa memiliki umat terhadap kebersihan dan kenyamanan masjid atau mushala dan menjadikannya sebagai pusat kegiatan umat, baik untuk aktivitas keagamaan, pendidikan, dakwah dan sebagainya, terutama di bulan Ramadhan.

“Masjid Cemerlang merupakan salah satu program khusus Ramadhan 1439 Hijriyah. Program ini dilaksanakan pada 70 masjid dan mushala di berbagai tempat, terutama di titik-titik strategis dan banyak dikunjungi masyarakat serta di pemukiman padat penduduk dan jalan protokol atau jalur yang sering disinggahi pemudik saat Hari Raya Idul Fitri,” ujar Wahyu kepada Kanalindonesia.com di Masjid Cut Nyak Dien, Menteng, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Ia menjelaskan, program dilaksanakan dengan melakukan pembersihan lingkungan masjid seperti interior, lantai, dinding, kamar mandi dan tempat wudhu, mengecat, memperbaiki fasilitas-fasilitas yang rusak, dan pemberian bantuan peralatan dan bahan kebersihan.

“Kami mengalokasikan dana sebesar Rp 200juta untuk kegiatan ini. Kami juga menurunkan puluhan relawan berseragam Baznas koordinasi pengurus masjid atau mushalla dibantu masyarakat sekitar,” kata Wahyu.

Sementara itu, Kepala Divisi Pendayagunaan Baznas Randi Swandaru mengungkapkan, Baznas bersama Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama (Kemenag) baru-baru ini mengadakan kegiatan Kampung Zakat di Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten.

Kegiatan ini bertujuan melihat potensi dan masalah yang ada di Desa Ciladaeun sekaligus melakukan pembahasan dan penentuan program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahap awal yang berlangsung Mei-November 2018.

Ia memaparkan, Kampung Zakat merupakan program kolaborasi antara Kemenag, Baznas dan lembaga amil zakat (LAZ) dalam rangka pendistribusian dan pendayagunaan zakat, infak, sedekah (ZIS).

Kegiatan ini dihadiri Kasubdit Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, Kabid Pendidikan dan Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lebak, Kepala SDG’s Center Bappeda Kabupaten Lebak.

“Kami melakukan peninjauan lapangan, focus group discussion (FGD) serta pemberian 150 paket sembako kepada warga,” ujar Randi. @Rudi