Antisipasi Kerusuhan Lapas, Anggota Satuan Sabhara Polres Jombang Disiagakan

sejumlah anggota Satuan Sabhara Polres Jombang, saat antisipasi kerusuhan di Lapas kelas II B Jombang

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM :Antisipasi kerusuhan dalam lembaga pemasyarakatan (Lapas), Satuan Sabhara Polres Jombang, bersiaga di Lapas Kelas II B Jombang. Pasalnya, di lapas kelas II B Jombang, terdapat 1 orang, tahanan terorisme.

Upaya kewaspadaan dalam bentuk pengamanan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi pihak Kepolisian, menyusul adanya peristiwa kerusuhan yang terjadi di Markas Komando Brigadir Mobil (Mako Brimob) Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Selasa (8/5) malam.

Sekitar 10 anggota dari Satuan Sabhara Polres Jombang, yang bersenjata lengkap diturunkan untuk melakukan penjagaan di halaman Lapas Kelas IIB Kabupaten Jombang, Rabu (9/5) pukul 17.00 WIB.

“Pengamanan hari ini dalam maksud menjalankan perintah pimpinan, untuk menambahkan kewaspadaan kita. Baik di mako maupun tempat-tempat yang lain, salah satunya di LP. Perlu diketahui bahwa di LP ini ada tahanan yang perlu perhatian dari aparat, ada tahanan teroris disini,” ujar Kasat Sabhara Polres Jombang, AKP Rudi Purwanto, pada sejumlah jurnalis, Rabu (9/5/2018).

Masih menurut penjelasan Rudi, kegiatan yang dilakukan oleh Satuan Sabhara di Lapas Kelas IIB Kabupaten Jombang ini, akan terus dilakukan dalam waktu yang tidak bisa ditentukan.

“Sampai ada pencabutan dari pimpinan, sampai situasi dinilai betul-betul aman,” kata Rudi.

Perlu diketahui, dari beberapa media yang mengabarkan bahwa kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, melibatkan narapidana terorisme. Dari insiden kerusuhan tersebut, mengakibatkan 5 anggota polisi gugur dan 1 narapidana terorisme meninggal dunia.(elo)