Puluhan Warga Desa Widoro Trenggalek Ikuti Diklat Pamdes

Dilkat Pamdes atau Linmas di Balai Desa Widoro Kecamatan Gandusari
Dilkat Pamdes atau Linmas di Balai Desa Widoro Kecamatan Gandusari

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Sebanyak 38 orang dan terdiri dari 13 orang perangkat desa, 25 warga Desa Widoro Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah Desa atau Perlindungan Masyarakat (Linmas). Kegiatan bertempat di balai desa setempat dan sebagai instruktur dari Bhabinkamtibmas Desa Widoro Polsek Gandusari bersama Babinsa Desa Widoro dan Kasatpol PP Trenggalek, Selasa (08/5/2018).

Kapolsek Gandusari AKP Rohadi mengatakan, kegiatan ini dalam rangka pengamanan dan cipta Kamtibmas kondusif serta persiapan pelaksanaan Pilkada Jatim 2018 dan Pemilu nanti.

“ Pelatihan terhadap anggota Limnas ini, bertujuan agar mereka memiliki mental yang disiplin, berwawasan luas, patuh dan taat pada peraturan dan hukum yang berlaku. Serta memiliki jiwa bela negara yang baik dan memahami tugas pengamanan di TPS,” ucapnya.

Menurutnya, berbagai materi yang di berikandalam kegiatan diklat tersebut. Diantaranyamateri ketertiban berlalu lintas dan praktek 12 isyarat gerakan pengaturan lalu lintas sertaketertiban lingkungan dan Turjawali.

Tidak hanya itu pelatihan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga di lakukan.Kemudian materi pengenalan lingkungan, isomadan materi Hamkamrata serta Kelinmasan.

“ Semua kegiatan ini demi terciptanya situasi aman dan kondusif, khususnya wilayah Gandusari dan sekitarnya,’’ tuturnya.

AKP Rohadi menambahkan, sebagai instruktur diklat dalam kegiatan ini, yakni Brigadir Nopi Teguh Supranto Bhabinkamtibmas Desa Widoro, Babinsa dan Kasatpol PP Trenggalek. Sedangkan prosesi pembaretan anggota Limnas langsung dilakukan oleh OPD Kecamatan Gandusari.

“ Prosesi pembaretan itu sendiri dilaksanakan di kawasan wisata Bukit Banyon.  Ini sebagai pelatihan peserta anggota Limnas dan harus berjalan sejauh sekitar 4 kilometer dari start balai Desa Widoro menuju Bukit Banyon,’’ pungkasnya. (sup/ham).