Plt Sekda Trenggalek Tekankan Orang Tua Canangkan Gernas Baku

Kebersamaan Plt Sekda Trenggalek dalam kegiatan Gebyar PAUD di Alun – Alun

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Sosialisasi Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku), telah dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga (Dit. Bindikkel) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas). Gernas Baku sendiri merupakan suatu gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga Indonesia dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, lembaga PAUD, dan masyarakat.

 Pencanangan Gernas Baku di Kabupaten Trenggalek sendiri digelar pada Gebyar Paud 2018dengan melibatkan ratusan siswa siswi PAUD se-Kabupaten Trenggalek beserta para pendidik dan orang tua siswa.

Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Kusprigianto, mengatakan bahwa dengan dicanangkannya Gernas Baku ini bertujuan untuk memberikan suatu motivasi kepada anak-anak untuk lebih gemar membaca.

 “Dari membaca anak-anak bisa memperoleh ilmu yang bermanfaat dan orang tua bisa memberikan pembentukan karakter, ” terang Kusprigianto, Jumat (11/05/2018).

Selain itu, Plt Sekda Trenggalek ini juga menekankan tentang pentingnya peranan orang tua dalam membentuk karakter anak melalui pendidikan yang diberikan di rumah masing-masing. 

“Waktu yang ada di sekolah itu sangat terbatas, ketika sudah pulang orangtualah yang menjadi guru untuk membimbing putra-putrinya,sehingga pembentukan karakter anak seutuhnya bisa dilakukan di rumah, ” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Nahdiyatur Rosidah Kusprigianto juga berkesempatan untuk memberikan motivasi kepada anak PAUD yang hadir dengan membacakan cerita tentang kepada siswa siswi PAUD. Cerita menarik berjudul Penghuni Baru Aquarius yang dibacakan oleh Istri Plt Sekda tersebut membuat anak anak tertarik dan antusias untuk mendengarkan dan memahami isinya. Melalui cerita tersebut dapat diambil tentang nilai berbagi dengan sesama. (mil)