Komisi II DPR RI Sosialisasikan  UU No.7/ 2017 di KPU Bangkalan

BANGKALAN, KANALINDONESIA.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bangkalan Jawa Timur kerja bareng dengan Ketua Komisi II DPR RI, Zainudin Amali menggelar Sosialisasi UU Nomor 7 Tahun 2017 dan persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 dan persiapan pemilihan umum (pemilu)  2019 kepada seluruh anggota Panitia  Pemilihan Kecamatan (PPK) bertempat di aula KPU Bangkalan, Sabtu, (12/5/2018).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangkalan, Fauzan Jakfar dalam sambutanya mengatakan bahwa, dalam sosiasilasi UU No 7/2017 pihaknya mengundang penyelenggara di tingkat kecamatan yakni PPK agar dijadikan bekal pada pelaksanakan Pemilu 2019 nanti.

“Karena semua persoalan pemilu di atur dalam UU No. 7/2017. Maka sosialisasi ini sangat penting. Apalagi saat ini kita (KPU Bangkalan) tengah melaksanakan tahapan Pilkada serentak 2018 dan persiapan Pemilu 2019,” papar Fauxan.

Fauzan menambahkan, salah satu contoh KPU Bangkalan tengah mempersiapkan diri menghadapi Pemilu 2019. Beberapa waktu yang lalu PPK dan PPS sudah melakukan klarifikasi tentang calon anggota DPD RI.

“Saat ini banyak tahapan pilkada 2018 dan pemilu 2019 yang sedang diproses secara bersamaan,” terang Fauzan.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR RI, Zainudin Amali mengatakan, sosialisasi UU No. 7/ 2017 ini sangat penting dilakukan. Karena PPK merupakan kepanjangan tangan KPU Kabupaten di tingkat Kecamatan.

“Mereka (PPK) harus tahu UU No. 7 Tahun 2017 adalah penggabungan dari tiga UU sebelumnya, yakni UU Pileg, UU Pilpres, UU tentang penyelenggara pemilu. Sekarang disatukan menjadi satu diUU No 7 2017,” kata Zainuddin Amali.

Dia menambahkan, salah satu isi dari UU No.7/2017 tersebut. Adalah tentang sistim penghitungan suara dan dalam sosialisasi ini telah disampaikan hal – hal yang prinsip saja untuk diketahui PPK.

“PPK sebagai penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan,. harus banyak tahu yang prinsip, tehnis dan yang penting-penting saja,” pungkas Xainuddin Amali. (yans).