Baznas Kembangkan Kampung Wisata Panahan di Depok

DEPOK, KANALINDONESIA.COM: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membangun dan mengembangkan kampung wisata Panahan di Tanah Baru, Beiji, Depok.

Pembangunan sentra ekonomi kreatif ini untuk menyemarakan ajang olahraga Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang, serta memasyakatkan olahraga panahan yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW.

“Untuk mempromosikan Kampung Wisata Panahan ini, kami mengadakan lomba panahan untuk masyarakat umum,” ujar Kepala Divisi Pendayagunaan Baznas Randi Swandaru kepada Kanalindonesia.com di Kampung Wisata Panahan, Tanah Baru, Beji, Depok, Sabtu (12/5/2018).

Ia menjelaskan, lomba panahan ini diadakan selama dua hari, Sabtu-Minggu 12-13 Mei 2018 dengan mengusung tema Jaeger Fest 2018.

Terdapat dua kategori yang dilombakan yakni teknik Barebow dengan biaya infak registrasi Rp 150 ribu, dan teknik Horsebow dengan infak pendaftaran Rp 200 ribu

“Panahan atau memanah adalah salah satu jenis olah raga sunah karena dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagaimana diriwayatkan Hadis Muslim yang artinya Sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah,” jelas Randi yang pernah mengenyam pendidikan S2 di Universitas Dirham, Inggris.

Ia memaparkan tahun lalu pihaknya menyalurkan bantuan sebesar Rp 160 juta untuk mendukung program pemberdayaan yang dikelola pengusaha usaha mikro mecil dan Menengah (UMKM) ini.

“Sentra ekonomi kreatif ini diharapkan menjadi destinasi wisata unggulan binaan Baznas,” kata Randi yang pernah mewakili Baznas memenangi lomba teknologi informasi yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ia menambahkan, selain panahan, di kampung wisata juga dikembangkan sentra ekonomi kreatif lainnya, seperti peternakan lele, pembinaan perajin sabun rumahan dan percetakan.

Kegiatan ini merupakan program Baznas yang bertujuan mendorong sentra ekonomi kreatif menjadi lebih baik, maju dan berkembang.

Kemudian, mengubah masyarakat yang selama ini berstatus penerima zakat (mustahik) menjadi pembayar zakat (muzaki).

“Program ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka menyongsong kebangkitan zakat di negeri ini,” tutur Randi. @Rudi