Usai Mengkonsumsi Makanan, Ratusan Warga Keracunan

PAMEKASAN,KANALINDONESIA.COM
Ratusan warga Dusun Betes Barat, Desa Ponjena Timur, Kecamatan Batumar-mar, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mengalami keracunan usai mengkonsumsi makanan di sebuah acara pengajian yang dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Nurul Jadid.

Romli (30) orang tua korban bernama Aini (4) warga setempat mengatakan, bahwa anaknya tersebut mengeluh pusing, mual-mual dan muntah-muntah, serta juga sempat ada yang mengalami kejang-kejang, usai mengkonsumsi makanan yang diberikan oleh panitai acara.

“Usai mengkonsumsi makanan yang diberikan oleh panitia, beberapa waktu kemudian anak dan keluarga saya mengeluh pusing dan mengalami mual dan muntah sehingga langsung kami bawa ke RSUD Waru untuk mendapatkan penanganan midis,” kata Romli, minggu (13/05)

Sementara secara terpisah, Dr Akhmad Khusairi, salah seorang Dokter di RSUD Waru membenarkan adanya kejadian itu. Menurutnya, pasien yang datang ke RSUD Waru pada waktu itu sekitar 131 pasien yang berkeluh pusing dan mual muntah. Para pasien yang berdatangan sejak pukul 01.00 WIB dini hari kemarin.

“Mereka datang dengan keluhan pusing dan mual muntah setelah selesai mengkonsunsi makanan dari acara pengajia, sempat ada yang kejang-kejang tapi kami sudah menanganinya,” tutur Khusairi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media online kanalindonesia.com, peristiwa tersebut membuat sejumlah Puskesmas dan Rumah Sakit (RS) setempat dipadati dengan pasien yang keracunan, meliputi, Puskesmas Batumar-mar over load (full), Puskesmas Waru over load (full) dan Puskesmas Pasean sekitar 8 orang pasien, serta juga pasien paling banyak di RSUD Waru.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui pasti keracunan manakan apa yang dikonsumsi oleh ratusan warga yang keracunan. Sementara hingga hari minggu pagi tadi, korban keracunan makanan terus berdatangan. (Nang/Ifa)