Jemaah Mesjid An-Nur Lakukan Renovasi dibantu Penganut Agama Lain

TRENGALEK, KANALINDONESIA.COM: Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan yang akan jatuh beberapa hari lagi,  para jemaah Mesjid An Nur yang terletak di Jl. Raya Jarakan Trenggalek, tepatnya di Kelurahan Kelutan  Kecamatan/ Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur  terlihat sedang melaksanakan kerja bakti pembersihan dan perenovasian masjid. Masyarakat sekitar yang juga turut membantu kegiatan tersebut sangat antusias.

Dari yang berhasil dihimpun, antusiasme warga itu tidak hanya dari kalangan muslim saja, namun beberapa warga yang beragama Nasrani ikut ambil bagian dari kegiatan tersebut.

Wahyu, (37), Takmir Masjid An Nur Kelurahan Kelutan Kecamatan/Kabupaten Trenggalek mengatakan, mayoritas warga yang sedang melakukan kerja bakti adalah warga sekitar mesjid. Mereka beranggapan bahwa Ramadan adalah bulan yang suci dan bulan yang penuh berkah.

“Kita sudah terbiasa jika mau datang bulan puasa mesti kerja bhakti bersihkan mesjid dan lingkungannya agar hati kita juga bersih seperti lingkungannya,” ucapnya, Minggu, (13/5/2018).

Selain itu, agar warga khususnya muslim termasuk di luar muslim terbiasa berbenah diri dengan tetap mengedepankan ukhuwah , karena umat yang lain di lingkungan juga turut serta membantu.

“Kami akan terus berbenah untuk menjaga kebersihan dari mesjid di lingkungan kita. Karena mesjid ini sebagai tempat pemersatu umat dan kerukunan antar umat beragama di sini,” tuturnya.

Dijelaskannya, mengingat sebentar lagi Ramadan dan lebaran, tentunya banyak musafir yang bertandang ke kota Trenggalek. Mengingat  pula lokasi mesjid ini di  jalur  yang di lalui kendaraan antar kota.

“Di sini sangat strategis , selain jalur utama ini juga jalur antar kabupaten dan provinsi,” tandasnya.

Salah satu yang mengalami pembenahan dan renovasi adalah tempat wudhu dan interior dalam mesjid.

“Tak hanya  itu saja, beberapa penambahan kipas angin untuk para jamaah nanti juga di tambah agar pelaksanaan ibadah menjadi lebih khusuk,” pungkasnya. (ata/ham)