Bulan Ramadhan, Baznas Targetkan Pengumpulan Zakat Sebesar Rp 54 Miliar

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Menyemarakan bulan suci Ramadhan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang berzakat (muzaki) maupun masyarakat yang layak dibantu (mustahik).

Kali ini terdapat 9 program yang disiapkan dan dilakukan Baznas untuk kepentingan umat, yakni :

1. Bazaar Ramdhan

2. Hidangan Berkah Ramadhan

3. Gerakan Masjid Cemerlang

4. Aksi Layanan Aktif Baznas

5. Teras Sehat dari Rumah Sehat Baznas

6. Pesantren Ramadhan Kampung Pemulung

7. Paket Ramadhan Bahagia

8. Posko Baznas Siaga Mudik Lebaran

9. Pesantren Sociotechnopreneurship Baznas se-Jabodetabek

“Untuk Bazaar Ramadhan diadakan di Mal Plaza Semanggi tanggal 1-10 Juni 2018 menampilkan UMKM binaan Baznas, mikro finance dan produk-produk dari artis selebritis,’ ujar M. Arifin Purwakananta selaku Deputi Baznas kepada Kanalindonesia.com di Jakarta, Senin (14/5/2018).

Ia menjelaskan pihaknya akan menyalurkan zakat melalui program-program pemberdayaan yakni Zakat Community Development (ZCD), program microfinance dan pemberdayaan ekonomi mustahik.

Selain itu, pihaknya juga akan mempermudah pelayanan dalam pembayaran zakat dengan memperbanyak karena aku pembayaran digital.

“Sebanyak 70 persen  kini perilaku berzakat masyarakat Indonesia di Baznas menggunakan fasilitas digital, seperti transfer ATM, mobile banking, internet banking, dan SMS banking,’ kata Arifin yang belum lama ini pergi ke Yordania memberikan bantuan kepada Pengungsi Palestina.

Khusus di bulan Ramadhan ini, kata Arifin, pihaknya menambah kemudahan berzakat melalui e-commerce yakni Lazada dan Shoppee, serta memanfaatkan fasilitas teknologi finansial seperti gopay, m-cash, t-cash, easypay dan uang elektronik.

Masyarakat juga bisa memanfaatkan inovasi pembayaran zakat melalui QR Code yang terdapat di fasilitas publik seperti stasiun, bandara, mal, cafe, restoran dan masjid di 36 gerai zakat.

“Target penyaluran zakat di Ramadhan tahun ini mencapai Rp 22 miliar untuk 57 ribu mustahik. Sedangkan target penghimpunan zakat di bulan Ramadhan sebesar Rp 54 miliar dari target setahun yakni Rp 200 miliar,” tutur Arifin. @Rudi