Sambut Bulan Ramadhan, PERMATA Lestarikan Tradisi Arak Bedhuk

KENDAL, KANALINDONESIA.COM: Peringati bulan suci Ramadhan pemuda remaja Masjid Nurut Taqwa Penanggulan (PERMATA) gelar kegiatan Karnaval Dugderan (Arak Bedhuk) yang di ikuti seluruh warga desa Penanggulan kecamatan Pegandon. Selasa (15/5) sore.

Ketua panitia Dugderan Addinul kholis, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah dilakukan remaja masjid sebagai bentuk luapan kebanggaan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini dulu biasa disebut dengan oder-oder dan sekarang disebut Dugderan.

“Iya kegiatan ini untuk menyambut bulan Ramadhan. Diikuti 17 peserta yakni, peserta dari Bumdes, dan Ibu PKK yang dipimpin Kepala desa, untuk rangkaiannya pawai ta’ruf dan drumblung dan diberi waktu untuk melakukan aksi dihadpan penonton.”katanya.

Sementara ketua Ikatan Remaja Masjid Nurut Taqwa (PERMATA) Hasim Asyari mengatakan, bahwa Dugderan itu dulu disebut Ngrak Bedhuk yang artinya sebagai bentuk kebahagiaan menyambut bulan ramdhan. Hal tersebut juga merupakan upaya melestarikan tradisi dari leluhur di desa Penanggulan.

“Rangkaian kegiatan Dugderan yakni, lomba rebana, lomba mewarnai, jalan sehat dan di akhir kegiatan ada ngarak bedhuk (Dugderan) mengelilingi desa Penanggulan.”jelasnya.

Lanjutnya, seluruh peserta berkumpul di titik pertemuan yaitu, di Mts Sunan Abinawa peserta berjalan menuju pasar pegandon dititik akhir peserta memasuki masjid Nurut Taqwa.

Kepala Desa Penanggulan Ria Setyaningsih mengatakan, Pemdes Desa Penanggulan sangat mendukung kegiatan pemuda PERMATA, (Perasatuan Remaja Masjid Nurut Taqwa Penanggulan) dengan kegiatan Dugderan tersebut mampu dijadikan destinasi wisata religi dan wisata kuliner yang menyajikan berbagai takjil untuk berbuka selama bulan ramadhan.

“Saya berharap kegiatan ini terus dikembangkan dan dilestarikan karena jarang desa yang melakukan kegiatan Dugderan seperti ini. Pihak desa akan selalu mendukung dan mensuport kegiatan yang bersifat positif.”tuturnya.(eko)