Curi Kotak Amal, Pemuda di Lamongan Nyaris Dihakimi Massa


Pelaku pencurian kotak amal di masjid saat diamankan petugas dari amukan masa. Foto:omdik_kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Warga Desa Pengangsalan, Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur menangkap seorang pemuda karena diduga mencuri uang di kotak amal di Masjid Jami’ Nadlatul Ulama desa setempat, pada siang hari.

Pelaku ditangkap sekira pukul 12.45 WIB, pada Rabu (16/5/2018). Pelaku yang ditangkap bernama MT(33), warga Dusun Kedangean, Desa Surabayan, Kecamatan Sukodadi, Lamongan. Pelaku sempat dihajar oleh massa karena mencoba melarikan diri.

Aksi pelaku kali pertama diketahui Bambang Jupriyanto warga setempat yang datang untuk menurunkan karpet yang baru dibelinya. Karena berat, dia meminta bantuan ke warga sekitar untuk menurunkan karpet tersebut.

Saat itulah Bambang melihat ada sesorang yang berada di dalam masjid.

“Saksi melihat dikiranya orang tersebut sedang salat. Ternyata, sedang menghitung uang kotak amal,” kata Kapolsek Kalitengah AKP Sirin SH, saat dikonfirmasi.

Mendapati ada seseorang yang telah mencuri uang di kotak amal, lanjut AKP Sirin, saksi Bambang memanggil warga lainnya yang berada di luar masjid untuk menangkap pelaku yang masih berada di dalam masjid.

“Beruntung petugas segera datang ke lokasi setelah mendapat telepon dari pak kades, sehingga pelaku langsung dapat diamankan ke Mapolsek Kalitengah. Sedangkan barang bukti yang kami amankan uang tunai sebesar Rp 258 ribu,” pungkasnya. (omdik/fer)