Masjid Istiqlal Serahkan Bantuan ke Rohingya Rp 216 Juta Melalui Baznas

JAKARTA,  KANALINDONESIA.COM: Masjid Istiqlal, Jakarta, menyerahkan bantuan kemanusiaan ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk disalurkan kepada pengungsi Rohingya.

Bantuan ini diserahkan Wakil Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) Bahrul Hayat kepada Ketua Baznas Prof Dr Bambang Sudibyo MBA, CA di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Wakil Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI).

Bahrul Hayat mengatakan pihaknya mempercayakan kepada Baznas dalam penyaluran bantuan ke pengungsi Rohingya karena sudah terbukti kinerjanya.

“Baznas memiliki berbagai program untuk membantu muslim Rohingya yang tersebar di beberapa negara. Sebelumnya Baznas sudah menyalurkan bantuan makanan dan mobil kesehatan untuk pengungsi Rohingya,” kata Bahrul Hayat.

Ditambahkan oleh Ketua Baznas Prof Dr Bambang Sudibyo MBA, CA bahwa pihaknya mengapresiasi Masjid Istiqlal memberikan sumbangan ke Rohingya melalui Baznas.

Bantuan ini akan disalurkan ke pengungsi Rohingya secepatnya. “Pada akhir bulan Januari 2018 lalu Baznas bersama Presiden Joko Widodo datang ke tempat pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar, Bangladesh. Disana kita memberikan bantuan langsung ke para pengungsi dengan total sebesar Rp 6,9 miliar,” ungkap Bambang Sudibyo.

Selain bantuan ke Rohingya, dalam acara tersebut Baznas meresmikan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Istiqlal, Jakarta. Ini dimaksudkan untuk menghimpun zakat, infak dan sedekah (ZIS) karyawan dan umat muslim yang beribadah di masjid negara tersebut.

Menurutnya, tujuan pembentukan UPZ untuk mempermudah masyarakat menunaikan zakat, infak dan sedekah, masyarakat dapat memilih kanal pembayaran paling mudah dijangkau dalam aktivitasnya sehari-hari.

“UPZ di Masjid Istiqlal semoga menjadi contoh pengelolaan zakat di masjid-masjid seluruh Indonesia. Dan ke depan, masjid-masjid dapat resmi menerima zakat dengan menjadi UPZ di wilayah Baznas masing masing baik tingkat provinsi, kotamadya maupun kabupaten,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya saat ini sudah membentuk 104 UPZ di tingkat pusat, mulai dari Masjid, kementerian dan perusahaan swasta.

“Selama Ramadan 1439 H, kami menargetkan penghimpunan zakat sebesar Rp 54 miliar. Sementara untuk Baznas se-Indonesia ditargetkan penghimpunan sebesar Rp 3 triliun,” tutur Bambang Sudibyo. @Rudi