Tak Terasa, Datang Ramadhan Lagi (4)

    Didik Eko Hermawanto (omdik)

    Penulis : Didik Eko Hermawanto (omdik)

    Alhamdulillah, dengan kemurahanNya, Allah menganugrahkan satu bulan khusus yang lain dari pada yang lain. Satu bulan yang kondusif bagi berakrab-akrab dengan diri kita sendiri dan melakukan pendekatan yang lebih intens kepada-Nya. Kita dapat melakukan evaluasi atas apa kita sudah lakukan selama 11 bulan kemarin.

    Dalam bulan istimewa ini, kita pun dapat merenungkan konsep dan pemahaman kita sendiri tentang banyak hal yang selama ini sudah kita percaya dan ikuti. Misalnya dan khususnya konsep dan pemahaman kita tentang Allah SWT, tentang Rosulullah SAW, tentang manusia, tentang ibadah, dan lain-lain yang sangat menentukan perjalanan dan peruntungan hidup kita di dunia ini dan  terutama dalam kehidupan abadi di akhirat.

    Bila kita menyadari sedikitnya alokasi waktu dan perhatian kita untuk kepentingan akhirat yang lebih abadi itu, sudah selayaknyalah kita menghitung ulang. Jangan seperti tabiat kita selama ini. Mengulang-ulang kesalahan kalkulasi dan sebagainya sepanjang hidup.

    Sudah selayaknya kita memperlakukan diri kita lebih layak. Dan kaitannya dengan bulan suci Ramadhan ini, sudah selayaknya memperlakukannya lebih istimewa lagi, misalnya menggunakannya untuk merenung dan mengevaluasi diri. Mumpung suasananya kondusif untuk itu. Di 11 bulan yang lain, kita selalu berdalih sibuk, meski tak jelas sibuk apa, di bulan Ramadhan ini kiranya kita lebih mempunyai kesempatan untuk melakukan reformasi atas diri sendiri.

    Cukup sudah kita disibukkan dengan apa dan siapa saja di luar kita selama ini, marilah kita mulai memperhatikan, memikirkan, mengoreksi, dan memperbaiki diri kita sendiri.

    ‘Kita hanya mampir ngombe’. Nah, untuk keperluan itu, kiranya tak ada yang lebih tepat saatnya melebihi bulan suci Ramadhan ini. Pendek kata dalam bulan suci ini, terutama umat Islam, selain menghidupkannya dengan ibadah yang biasa dan rutin, dapat dan insya Allah juga berpahala ibadah mengisinya dengan melakukan dengan tafakkur dan perenungan bagi lebih mendekatkan kepada Allah SWT yang menganugerahkan bulan khusus ini.

    Bersambung…..

     

    SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA