Bulan Suci Ramadan, Pedagang Dadakan Menu Buka Puasa di Trenggalek Raup Untung

TRENGALEK, KANALINDONESIA.COM: Bulan suci Ramadan, nampaknya menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang makanan ringan di Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. Tidak hanya aneka macam makanan yang jual, namun juga berbagai takjil tersedia untuk berbuka puasa.

Para pedagang ini tergolong musiman, mereka hanya berjualan paska bulan suci Ramadan dan lokasinya berada di utara Pendopo Kabupaten Trenggalek. Mereka bisa meraup untung setiap harinya hingga mencapai jutaan rupiah.

” Seperti biasa pada Minggu awal bulan puasa,  pengunjung memang tidak begitu ramai. Namun tetap saja laris manis semua makanan dan takjil laku terjual,’’ ucap Bariati (52) salah satu pedagang asal Kelurahan Surondakan Kecamatan/Kabupaten Trenggalek, Minggu (20/5/2018).

Menurutnya, para pengunjung yang belanja untuk persiapan buka puasa tidak hanya dari wilayah Trenggalek saja, melainkan juga ada yang datang dari luar wilayah.

“ Kami berjualan berbagai menu di sini sejak tahun 2003. Jadi sangat hafal para pengunjung lokal atau dari luar wilayah yang belanja. Mereka rata-rata mencari masakan khas yang menjadi unggulan saya yakni, masakan buntil terbuat dari daun pepaya dicampur pare,’’ cetusnya.

Dijelaskan, makanan dan minuman yang dijual beraneka ragam, total ada 30 jenis menu dan rata – rata untuk kebutuhan berbuka puasa. Harganya pun cukup terjangkau, murah meriah.

“ Kami buka sejak pukul 15.00 Wib dan ditutup sesudah Magrib. Untuk omzet berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta untuk hari biasa. Jika sudah memasuki pertengahan puasa dipastikan akan meningkat apalagi seminggu menjelang lebaran,” pungkasnya. (sup/ham)