Tiga dari Empat Pencuri Motor di Pacitan Masih Dibawah Umur

PACITAN, KANALINDONESIA.COM: Jararan Satreskrim Polres Pacitan berhasil meringkus kelompok sindikat pencurian kendaraan bermotor yang selama ini kerap melancarkan aksinya di  wilayah Kota Pacitan.

Kawanan pelaku curanmor yang berjumlah empat orang ini dibekuk polisi saat akan menjual hasil curiannya diwilayah Kota Blitar, dalam sepekan empat pelaku bisa mencuri dua unit sepeda motor. Dari empat orang yang ditangkap itu, tiga di antaranya masih berstatus anak di bawah umur.

Kapolres Pacitan AKBP Setyo K Heriyatno melalui Kasatreskrim AKP Imam Buchori mengungkapkan, selama melancarkan aksinya, tersangka BIN menggunakan anak dibawah yang tak lain anaknya sendiri dan teman anaknya. Hasil curian itu lalu dijual ke luar daerah, seperti Blitar, Trenggalek, dan sejumlah daerah lainnya.

“ Dalam aksi pencurian ini ada tiga pelaku yang masih di bawah umur, sedangkan satunya lagi adalah sebagai eksekutor barang curian. Mereka ini sindikat curanmor yang telah mencuri beberapa sepeda motor milik warga Kecamatan Kebonagung,” jelas Kasatreskrim, Senin (21/5/2018).

Kasatreskrim mengungkapkan, dalam modus operandinya, para pelaku kerap melancarkan aksinya di sekitar rumah warga yang diparkir didepan rumah atau di ladang ” modus operandinya, tersangka eksekutor BIN butuh uang lalu menyuruh anaknya tersangka AS ( 14 ) untuk mencuri sepeda motor, kemudian AS meminta tolong temennya yang bernama AWN (   ) lantas AWN mengajak RA (   ) untuk membantu mencuri sepeda motor . Sedangkan eksekutor tersangka BIN menunggu di rumah menunggu hasil curiannya,” ungkap Kasatreskrim.

“sepertinya para pelaku ini cukup terlatih dalam melancarkan aksinya di lapangan. Mereka sudah berulang kali mencuri sepeda motor warga di tempat parkir dan di halaman rumah warga,” ujarnya.

Kasatreskrim menambahkan, hasil curian dari aksi mereka itu biasanya dijual dengan harga yang sangat murah. Uang hasil penjualan sepeda motor curian itu, alasannya untuk kebutuhan sehari-hari,” tambahnya.

Lebih lanjut, untuk itu satu tersangka BIN kami kenakan pasal 363 Pencurian dengan ancaman 7 tahun penjara. sedangkan tiga tersangka lain yang masih dibawah umur, kami berikan pembinaan. Untuk saat ini kasus tersebut masih kami adakan pengembangan lebih lanjut,” pungkas Kasatreskrim. ( Bc )