Belum Melunasi BPIH, 79 JCH Pamekasan Batal Berangkat

PAMEKASAN,KANALINDONESIA.COM: Sebanyak 79 Jemaah Calon Haji (JCH) pamekasan tahun 2018 ini, dinyatakan gagal berangkat untuk menunaikan Ibadah Haji ketanah suci mekkah lantararan tidak bisa melunasi Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji (BPIH). Pernyataan tegas itu, disampaikan oleh Afandi, Kasi Haji dan Umrah Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur.

Afandi, Kasi Haji dan Umrah Kabupaten Pamekasan menuturkan, bahwa dari 79 JCH yang gagal keberangkatannya itu, 2 di antaranya karena meninggal dunia, dan 77 lainnya sengaja menunda untuk berangkat.

” 77 JCH yang menunda berangkat melaksanakan ibadah haji itu, dikarena kan belum sanggup melunasi Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji (BPIH) dan sebagian masih menunggu berangkat bersama anggota keluarga yang mahram,” kata Afandi, Kasi Haji dan Umrah Kabupaten Pamekasan, selasa (22/05).

Afandi menjelaskan, bahwa nilai BPIH untuk tahun ini sebesar Rp. 36.910.450 dengan tahapan waktu pelunasannya dibagi menjadi 2 tahap. Di Kabupaten Pamekasan, dari 758 orang JCH yang telah melunasi BPIH dan dinyatakan masuk daftar berangkat tahun ini sebanyak 679 JCH.

Sementara untuk tahap ke 2, yang telah lunas dan dinyatakan telah masuk data base berangkat tahun ini sebanyak 193 JCH. Sedangkan sisanya yang tidak melunasi BPIH, secara otomatis dinyatakan batal berangkat tahun ini.

“Kami berharap di tahap 2 tidak ada yang batal berangkat dan segera melakukan pelunasan,” pungkasny. (Nang).