Launcher Girder Tol Soker yang Ambruk, Hari ini Dievakuasi

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Pasca ambruknya Launhcer Girder, yang menghubungkan antara Desa Gondang Manis dan Desa Bandar Kedungmulyo, diatas sungai avur besuk, dalam pekerjaan proyek Toll Solo-Kertosono (Soker), pada hari Senin (21/5/2018), kemarin pagi.

Kini bangkai alat launcher sudah dievakuasi. Proses evakuasi alat tersebut, sempat memakan waktu lebih dari 24 jam untuk mengangkat besi besar yang jatuh ke Sungai Avur besuk dengan kedalaman 20 meter.

“Sejak kemarin, dilakukan evakuasi dan Alhamdulillah pada pukul 11.00 tadi pagi, sudah selesai evakuasi , tadi kita ke lokasi melakukan pemantauan. Kini mereka tinggal melakukan pengejaan kembali,” ujar Kapolsel Bandar Kedungmulyo, AKP Darmaji, Selasa (22/5/2018).

Masih menurut penjelasan Darmaji, pihak proyek akan segera memasang launcher Girder cadangan yang berada di Kertosono.

“Lanucher lama yang patah katanya sudah tidak bisa dipakai, jadi harus membawa launcher baru. Dan di Kertosono ada dua cadangannya,” katanya.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, lanjut Darmaji, namun robohnya Launcher girder membuat pihak proyek tol diperkirakan merugi hingga mencapai Rp3 Milyar. Bahkan, selain Launcher yang rusak, Alat Crane juga ikut terimbas dan kini tidak bisa dipakai.

“Jika seluruh pemasangan Launcher selesai, maka Girder bisa segera dipasang. Dipastikan saat arus mudik nanti, Tol penghubung jombang – kertosono bisa fungsikan satu lajur dan bisa memperlancar arus mudik lebaran nanti,” pungkas Darmaji.(elo)