Siapkan Stan UMKM, Bazar Khazanah Ramadhan 2018 di Lombok Resmi Dibuka

Bazar Khazanah Ramadan, resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah NTB, Rosiady Sayuti

MATARAM, KANALINDONESIA.COM: Salah satu rangkaian kegiatan dalam pagelaran Pesona Khazanah Ramadan (PKR) di komplek Islamic Center, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), yaitu Bazar Khazanah Ramadan (BKR), kegiatan ini akan berlangsung dari 22 Mei sampai 9 Juni 2018.

Secara sosial, BKR menjadi sarana untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah di tengah tengah masyarakat, khususnya di NTB. Sedangkan secara ekonomi, BKR juga meningkatkan sektor perekonomian umat khususnya Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Bazar Khazanah Ramadan merupakan rangkaian dari Pesona Khazanah Ramadan 2018, dan kita akan memulai kegiatan bazar ini, selama 20 hari sampai lima hari sebelum memasuki hari raya Idul Fitri”, kata Lalu Mohhamad Faozal, Kepala Dinas Pariwisata NTB, dalam kata sambutan saat pembukaan Bazar Khazanah Ramadan, di Islamic Center, Mataram, Selasa (22/05/2018).

Dia menyatakan peserta BKR pada tahun ini diikuti 56 stan terdiri atas stand kuliner yang menyuguhkan ragam kuliner dan juga ada stan untuk yang berkebutuhan baju-baju lebaran.

“Alhamdulillah, peserta bazar ada peningkatan dari segi jumlah peserta dibandingkan dengan pelaksanaan kegiatan serupa tahun lalu”, ucapnya.

Faozal menambahkan selain diikuti oleh UMKM, Bazar Khazanah Ramadan ini juga diikuti oleh perwakilan perbankan, antara lain bank BNI Syariah, BRI Syariah, Bank Mandiri, ada juga dari PHRI, travel agent, dan juga dari sanggar sanggar kesenian di Kota Mataram.

“Selain itu nantinya juga akan ada fashion show Ramadan, bedah buku, juga ada permainan untuk santri dan kegiatan lain yang kami sediakan”, tutur Faozal.

Ditempat yang sama, Sekda NTB, H. Rosiady Sayuti mengatakan, Bazar Khazanah Ramadan merupakan salah satu upaya menyemarakan ajang Ramadhan di Pulau Seribu Masjid (Pulau Lombok, Red). PKR 2018 ini memiliki daya tarik yang luar biasa bagi event Ramadhan di NTB, karena ada imam besar dari mancanegara yang jadi imam Salat Tarawih di Islamic Center ,NTB.

“Kalau tahun lalu ada lima imam besar, maka tahun ini ada tiga imam besar, dua dari Mesir, dan satu lagi dari Yordania. Masing-masing imam akan menjadi imam salat Tarawih di sepuluh hari pertama, kedua dan ketiga Ramadan,” papar Rosiady.

Pesona Khazanah Ramadan merupakan salah satu even kalender wisata Dispar NTB ditahun 2018, yang bertujuan untuk menarik minat wisatawan untuk datang ke NTB.(Dan)