Jelang Arus Mudik, Puluhan Awak Bus Jalani Tes Urine

Sejumlah awak bus jalani pemeriksaan urine di terminal Surodakan Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Jelang arus mudik lebaran tahun 2018, Polres Trenggalek bersinergi dengan BNN Kabupaten Trenggalek menggelar tes urung kepada sejumlah awak bus di terminal Surodakan Trenggalek. Selain itu, dalam kesempatan yang sama, juga turut dilakukan pengecekan kelengkapan kendaraan umum yang dibantu pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek.

Sedikitnya 20 orang kru bus baik sopir, kondektur maupun kenek yang mengikuti pemeriksaan kesehatan dan tes urine oleh Tim Urkes Polres Trenggalek. Tak hanya itu, beberapa bus yang ngetem pun tak luput dari pengecekan petugas.

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, mengatakan pemeriksaan urine dan kendaraan umum tersebut demi menjaga keselamatan para penumpang khususnya pemudik yang menggunakan angkutan umum.

“Pemeriksaan ini dilakukan menjelang musik mudik lebaran,agar keselamatan para penumpang kendaraan umum bisa diperhatikan. Selain itu, pemeriksaan ini juga dilakukan guna mencegah kecelakaan lalulintas baik yang disebabkan oleh faktor pengemudi maupun kendaraan, ” ucap Ricky saat dikonfirmasi, Rabu (23/5/2018).

Pihaknya berupaya agar saat mudik lebaran nanti masyarakat merasa aman dan nyaman menggunakan angkutan umum. Diharapkan pula tidak ada pengemudi yang mabuk atau terpengaruh Narkoba, sehingga bisa membahayakan keselamatan penumpang.

Tak hanya itu, kelayakan kendaraan umum yang nantinya akan menjadi salah satu penyedia jasa angkutan juga turut mendapat perhatian.

Dalam pemeriksaan kesehatan ini, terang Ricky, melibatkan tim dokter dari Urkes Polres Trenggalek dan Dinas Kesehatan. Sedangkan pengecekan kelayakan kendaraan dilakukan oleh tim dari Samsat dan Dinas Perhubungan sehingga lebih komprehensif.

“Dari ke 20 orang yang diperiksa, dinyatakan negatif narkoba. Akan tetapi untuk kelayakan kendaraan, ditemukan 2 bus yang kurang memenuhi standar kelengkapan, ” tegasnya.

Masih terang Ricky, kurangnya standar kelengkapan kendaraan yang ditemukan diantaranya lampu sign mati dan ban depan full kanisir.

Ditekankan, pihak Satlantas Polres Trenggalek kepada pemilik atau pengemudi kendaraan umum yang tidak sesuai standar untuk memperbaiki dan mengganti ban dengan yang lebih layak. Demi menjaga keselamatan dalam perjalanan, utamanya jelang arus mudik lebaran tahun ini. (mil)