Grebek Produksi Miras, Polres Lamongan Amankan 18 Drum Barang Bukti

Kapolres Lamongan memeriksa barang bukti hasil penggrebekan. Foto:omdik_kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Tempat produksi minuman keras (Miras) rumahan jenis arak di Lamongan, digerebek petugas. Hasilnya, petugas mengamankan barang bukti bahan baku pembuatan miras.

Penggerebekan ini bermula dari informasi masyarakat yang melihat ada salah satu rumah kosong di Dusun Babatan, Desa Sekarbagus, Kecamatan Sugio yang terlihat mencurigakan karena mengeluarkan bau yang sangat menyengat.

“Dari laporan masyarakat ini, Polsek Sugio bersama Polres Lamongan melakukan penyelidikan ke lokasi,” kata Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung kepada wartawan di lokasi penggerebekan rumah produksi miras, Rabu (23/5/2018).

Dari penyelidikan, lanjut Feby, rumah kosong itu milik Hj. Janah, warga desa setempat. Atas persetujuan pemilik, kata Feby, polisi masuk ke rumah kosong berbau menyengat seperti baceman (bahan dasar miras, red) untuk mengecek isi rumah kosong tersebut.

“Ternyata benar bahwa di dalam rumah kosong ini terdapat bahan dasar pembuatan miras, yang diduga adalah arak,” tutur Feby.

Dari lokasi rumah kosong ini, jelas dia, petugas mendapati 18 drum warna biru berisikan cairan baceman gula merah. Masing-masing drum berisi 200 liter, 1 drum profil warna putih berisikan cairan baceman gula merah berisi 1.500 liter dan sejumlah drum dan jerigen kosong.

Selain itu, papar Feby, petugas juga mendapati 3 pak ragi, 3 unit alat penyuling dan beberapa pipa rangkaian kompor.

“Diperkirakan bahan tersebut adalah bahan baku produksi miras jenis arak beserta alat alat produksinya,” jelasnya.

Feby menegaskan, informasi dari warga menyebut tempat tersebut baru saja beroperasi dilihat dari bau menyengat yang ditimbulkan baceman, sekitar 1 mingguan.

“Alhamdulillah berkat kejelian dari masyarakat, tempat ini belum berhasil memproduksi miras karena baceman-nya ini masih 60 persen jadi,” ujar Feby yang berjanji akan mengusut tuntas kasus ini.(omdik/fer)