DPRD Trenggalek Segera Rombak Tatib Lama Menjadi Baru

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Trenggalek diketahui akan merombak tata tertib (Tatib) miliknya. Hal tersebut dilakukan karena aku sebagian tata tertib yang ada saat ini, sudah tidak lagi sesuai dengan kondisi maupun payung hukum yang ada. Sehingga tata tertib tersebut harus diubah sesuai dengan peraturan pemerintah terbaru yang berlaku.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2018 yang mengatur tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan kota, membuat DPRD Kabupaten Trenggalek harus segera merombak peraturan tata tertib yang lama ke peraturan yang baru.

“Dasar dari perombakan tata tertib ini adalah Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2018 yang menyebutkan bahwa DPRD Provinsi, Kabupaten maupun Kota untuk melakukan penyusunan tata tertib yang lama ke tata tertib yang baru, ” ucap Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Trenggalek, Alwi Burhanudin saat dikonfirmasi Kamis (24/5/2018).

Dijelaskan Alwi, rencana usulan perombakan tata tertib saat ini sudah dibahas secara intern oleh Bapemperda DPRD Kabupaten Trenggalek.

Mengingat tata tertib DPRD ini merupakan salah satu landasan wakil rakyat dalam mengemban amanat rakyat, mama pihaknya akan terus mengebut pembahasan rencana perombakan tata tertib ini.

“Kami akan lakukan pembahasan rencana perombakan tata tertib ini, agar nantinya dapat segera diaplikasikan oleh wakil rakyat dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, ” imbuhnya.

Perlu diketahui bahwa, perombakan tata tertib DPRD seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2018, tidak seluruh bunyi tata tertib yang lama dilakukan perubahan. Akak tetapi, hanya sebagian tata tertib lama yang diubah untuk disesuaikan.

“Tidak semuanya tata tertib yang lama akan diubah. Hanya saja beberapa tata tertib yang sudah tidak sesuai dengan peraturan pemerintah yang baru yang berlaku saat ini, ” pungkas Alwi. (mil)