Satpol PP Trenggalek Tertibkan Baliho Bodong

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Satuan Polisi Pamong Praja dan kebakaran (Satpol PPK) Kabupaten Trenggalek rupanya tidak mau ambil pusing terhadap baliho maupun papan reklame yang dianggap bodong (liar). Puluhan petugas pun langsung diterjunkan untuk melakukan penertiban, terutama di wilayah kota Kabupaten Trenggalek.

Tugas Rulatno , Kasi Penyelidikan dan penindakan Satpol PP Kabupaten Trenggalek mengatakan, pihaknya langsung tancap gas dengan melakukan penertiban setelah baliho maupun papan reklame yang sudah kedaluwarsa perizinannya.

Puluhan petugas trantib langsung menyasar di perkotaan. Dengan menggunakan alat seaadanya petugas pun melakukan pemotongan terhadap baliho yang rata-rata setinggi lebih dari tiga meter di jalan Jaksa Agung Suprapto.

“Petugas yang ada di lapangan telah melakukan operasi penertiban terhadap baliho dan papan reklame yang izinnya sudah tidak diperpanjang. Selain itu baliho-baliho ini juga terkesan tidak bertuan makanya langsung kita perintahkan pemotongan di lokasi dan kesemuanya  di wilayah perkotaan ,” katanya, Kamis ( 24/5).

Diakuinya,operasi pencopotan terhadap baliho dan papan reklame seperti di Jalan Jaksa Agung Suprapto atau tepatnya di perempatan Nirwana yang dilakukan anggotanya memang sudah mendasar pada Perda Nomer 20 Tahun 2012 tentang ketertiban,Namun demikian pihaknya mengakui untuk melakukan operasi dengan sasaran yang masih terkendala anggaran sehingga operasinya pun tetap bisa dilakukan dengan menyesuikan realisasi anggaran yang tersedia melalui APBD 2018 ini.

“Operasinya kita menyesuikan anggaran tentunya itu bias dilakukan secara bertahap, Kalau ditanya tentang baliho dan papan reklame memang sekarang ini banyak yang belum mengantongi atau mati masa pajak perijinan,rata-rata berada di daerah pinggiran, Namun nantinya akan kita data kalau jelas tidak ada izinya maka langsung kita turunkan.Ditambah lagi apabila baliho yang sudah berizin namun tidak sesuai tempat pemasanganya,maka kita juga turunkan,”tandasnya.(ays/ham)