Siswa SMPN 1 Sambeng Lamongan, Hasilkan Kerajinan Miniatur Keren Berbahan Limbah

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Berbagai cara dilakukan oleh sejumlah siswa dalam mengembangkan kemampuan untuk berkreasi. Seperti halnya yang dilakukan siswa Sekolah Menengah Pertama asal Lamongan, Jawa Timur. Siswa memanfaatkan limbah sampah yang disulap menjadi kerajinan miniatur bernilai seni tinggi.

Ide tiga siswa yang bernama Aryo, Handala dan Arya Kelas VIII SMP Negeri 1 Sambeng Lamongan, Jawa Timur berbuah hasil.

Siswa ini bisa memanfaatkan limbah kayu untuk dijadikan sebuah kerajinan tangan berupa miniatur becak, Handtrancktor, mesin penggiling padi, mesin penyedot dan radio.

Siswa memanfaatkan beberapa limbah seperti botol air mineral, limbah kayu dan kardus yang ada di lingkungan sekolah. Cara merangkai agar miniatur terlihat keren, cukup menggunakan alat sederhana gunting dan lem. Kemudian dirangkai satu persatu menjadi bagian-bagian miniatur yang akan dibuatnya.

Seperti limbah kayu misalnya, bahan limbah yang sudah dipotong kecil dilekatkan dengan lem sesuai bentuk dan pola kemudian tinggal merangkainya.

Tidak butuh waktu lama dalam membuat kerajinan tangan berbahan limbah ini. Namun, pembuatan miniatur dibutuhkan keahlihan dan keuletan saat menyusun potongan limbah menjadi sebuah rangkaian yang diinginkan. Setelah itu tinggal melakukan finishing dengan melengkapi peralatan lainnya seperti dinamo dan batrey.

“Secara kasat mata, hasil karya tiga siswa ini sangat mirip dengan bentuk aslinya dan miniatur tersebut bisa berfungsi menggunakan modifikasi mesin penggerak dinamo, ” kata Kastur, Kepala SMP Negeri 1 Sambeng.

Kastur juga menambahkan, bukan sekedar miniatur becak saja, siswa juga membuat beragam mainan seperti hand tracktor, mesin penggiling padi, mesin penyedot dan tak ketinggalan pesawat radio.

Melalui hasil karya siswa ini, Kastur mengharapkan agar miniatur karya tiga siswa SMP Negeri 1 Sambeng ini semoga nantinya dapat diwujudkan dalam bentuk aslinya.(omdik/fer)