Bersamaan Safari Ramadhan, Pemkab Trenggalek Serahkan Bantuan

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Di Kecamatan Pule, Plt Bupati Trenggalek H Moch Nur Arifin saat melakukan kegiatan safari Ramadhan menyerahkan bantuan sosial bagi penyandang cacat dan lansia sebesar Rp 17, 3 juta yang diterima secara simbolis. Juga santunan sebesar Rp 108,2 juta untuk Panti Asuhan Ad Dua’afa di wilayah itu. Terpisah di Desa Botoputih Kecamatan Bendungan juga diserahkan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Sekda Kabupaten Trenggalek, Sugeng Widodo, berupa bantuan untuk penyandang cacat sebesar Rp 25,9 juta berikut sepeda motor operasional pemdes setempat.

Pada Safari Ramadhan di Desa Karanganyar, Kecamatan Pule,  Plt Bupati Nur Arifin berharap melalui safari Ramadhan ini nantinya tidak hanya berkumpul di Musala At Taubah saja , melainkan bisa tetap berkumpul di surganya Allah kelak.

“Kumpulan kita ini mudah-mudahan tidak saja hanya di musala ini namun sampai nanti di surga Alloh,” pintanya, Rabu.

Disinggung warganya mengenai akses jalan menuju Desa Karanganyar yang kondisinya kini rusak parah, pemimpin muda ini menjawabnya dengan tenang serta warga tidak perlu resah karena sedang dibahas perencanaannya karena terhambat skala prioritas pembangunan secara menyeluruh,

“Untuk tahun ini anggaran memang terfokus untuk jalur tembus lintas selatan yang menghubungkan Panggul-Munjungan –Prigi, tapi saya akan tetap berusaha mengupayakan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Plt Bupati Nur Arifin mendorong Kades Karanganyar untuk membentuk Badan Amil Zakat (BAZ) yang berfungsi untuk meringankan beban warga. Misalkan ada warga Desa Karanganyar yang membutuhkan keperluan akomodasi ke Rumah Sakit,  tidak perlu menggunakan uang sendiri melainkan bisa diambilkan sebagian dari zakat yang terkumpul dan dikelola oleh BAZ.

“Kita harus membangun pemikiran yang maju apalagi BAZ ini adalah wadah yang solutif dalam membantu warga,” tuturnya.

Sementara itu rombongan Asisten I Bidang  Pemerintahan dan Kesra bersama Dandim 0806, Letkol Dodik Novianto, mengunjungi Mushola Al ikhlas Desa Botoputih Kecamatan Bendungan.

Seperti di lokasi sebelumnya, pada kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Trenggalek menyalurkan beberapa bantuan di setiap lokasi safari. Diantaranya berupa Al-Qur’an, serta sejumlah paket sembako dari Dinas Sosial P3A dan bantuan uang senilai 2,5 juta rupiah dari Baznas Trenggalek.

Pada kesempatan ini pula Pemkab menyerahkan bantuan khusus desa sebesar 20 juta, bantuan untuk penderita cacat, Rp 25,9 juta serta motor dinas.(ham)