KPU Magetan Temukan 1.424 Surat Suara Pilgub Jatim Rusak

MAGETAN, KANALINDONESIA.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan telah menyelesaikan pelipatan kertas suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Dari hasil pelipatan dan penyortiran yang dilakukan selama 3 hari tersebut, KPU Magetan menemukan sebanyak 1.424 lembar surat suara rusak.

Menurut divisi keuangan dan logistik KPU, Popy MS Putranto, rusaknya ribuan surat suara tersebut kebanyakan dikarenakan akibat proses pemotongan yang kurang pas akhirnya sobek serta tinta cetak yang kurang sempurna.

Selain itu, KPU Magetan juga menemukan jumlah pengiriman surat suara ke KPU tidak sesuai dengan semestinya, yang berjumlah 546.175 lembar sesuai jumlah DPT ditambah setengah persen cadangan, dari jumlah tersebut, surat suara kurang 2.051 lembar.

Sehingga total surat suara yang rusak ditambah dengan surat suara yang kurang berjumlah 3.475 lembar.

“Terkait adanya temuan surat suara yang rusak dan kurang untuk Pilgub jatim, KPU Magetan akan membuat berita acara dan akan melaporkan ke KPU Provinsi Jawa Timur untuk segera dilakukan penggantian,”ucap Popy MS Putranto komisioner KPU Magetan divisi keuangan dan logistik .(Choi)